KORELASI PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MTs MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN

Moh Zainol Muhlisin, Erfan Nawawi, Ulfatul Muzayyadah

Abstract


Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, adakah pengaruh pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian analisis data menggunakan analisis statistik.Populasi penelitian semua siswa Kelas VII dan VIII A Reguler di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan sebanyak jumlah populasi 82 siswa. Mengingat jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil semua jumlah populasi untuk dijadikan responden yaitu sebanyak 82 siswa. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, interview, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 33 hari yang berlangsung dari tanggal 25 Desember 2019 sampai 26 Januari 2020. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada pengaruh pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan, Hal ini terbukti dari hasil analisis data, bahwa nilai r kerja 0,237 lebih besar dari pada nilai r tabel product moment, dimana pada db=80 dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai r tabel product moment sebesar 0,217dan dalam interval kepercayaan 1% diperoleh nilai r tabel product moment sebesar 0,283. Kedua, pelakasanaan bimbingan dan konseling berkorelasi rendah terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan, karena nilai r kerja 0,237 berada pada rentetan angka 0,200 sampai dengan 0,400 interpretasi rendah.

Full Text:

PDF

References


Arifin. Pokok-Pokok Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Kamaluddin, H. "Bimbingan dan Konseling Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17.4 (2011).

Mua'awanah, Elfi dan Hidayah, Rifa Hidayah. Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Bumi Askara, 2012.

Salahudin, Anas. Bimibingan dan Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.

Siagian. Teori Motivasi dan Applikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Soegeng, Prijodarminto. Disiplin Menuju Sukses. Jakarta: PT Pradinya Paramita, 2004.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta: Jakarta, 2009.

Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P.E. Nila Kusmawati, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Walgito, Bimo. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset, 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.1905/ec.v1i1.3090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:

Kantor Informasi dan dan Publikasi IAIN Madura Laboratorium Bimbingan dan Konseling Gedung FUAD Lt. 2 Jalan Raya Panglegur KM. 04 Pamekasan, Madura.

Contact Person:

Moh. Zaiful Rosyid

Call/WA: 085203950604