Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Permisif terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Driyorejo

  • Mochammad Wahyu Pamungkas Mochammad Ibenu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Abstract views: 34 , PDF downloads: 23

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dimana banyaknya dilingkungan sekitar rumah orang tua yang terbiasa memberikan kebebasan lebih kepada anak baik dari sisi pergaulan, belajar maupun kegiatan sosial lainnya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua permissif terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 25. Subjek berjumlah 104 siswa. Hasil pola asuh orang tua premissif didapatkan dari hasil angket yang dikembangkan peneliti, sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari rata-rata nilai lapor siswa. Hasil korealasi menunjukkan hasil 0.965 dan nilai pearson correlate sebesar -,005 yang artinya tidak memiliki korelasi atau tidak ada hubungan pola asuh orang tua permissive terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Driyorejo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P,T., Rohmatun. 2019. Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus. PSISULA. Prosiding Berkala Psikologi. 1 (205-219)
Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.dan Kebiasaan Belajar Siswa. Bandung: SPS BPK UPI
Aydın, F., & Coşkun, M. (2011). Secondary School Students’ “Achievement motivation” towards Geography Lessons. Journal of scholars research library. Karabük: Karabük University. Diambil pada tanggal 09 Januari 2021 dari http://scholarsresearchlibrary. com/archive.html.
Djalal, MF 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang
Edwards C. Drew 2006, Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: Mizan Pustaka, Bandung
Hamalik Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. BANDUNG: Pustaka Setia
Mussen, P.H., Conger, J.J., Kagan, J., & Huston, C.A. 1994. Perkembangan dan Kepribadian anak. Jakarta: Penerbit Arcan.
Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suarsini, Desy. 2013. Pola Asuh Orang Tua, Artikel (online) (http;//desysuar.blogspot .com, diakses 30 Mei 2021)
Winkel, WS 1987. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Published
2022-09-16
Section
Articles