GAYA BAHASA PERULANGAN DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perulangan dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan mengetahui implikasi pembelajaran di SMA. Penelitian ini berbentuk deskripsi kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Sumber data adalah novel Orang-Orang Biasa. Teknik penyediaan data menggunakan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Data yang diperoleh akan diklasifikasikan, dideskripsikan, dan disajikan menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel OOB menggunakan beberapa gaya bahasa perulangan. Gaya bahasa perulangan tersebut ada sembilan, yaitu aliterasi, asonansi, antanaklasis, epizeukis, anafora, epistrofa, mesodilopsis, epanalepsis, dan anadilopsis. Gaya bahasa perulangan yang paling dominan dalam novel tersebut adalah anafora. Gaya bahasa perulangan yang digunakan Andrea pada novel OOB bertujuan untuk menambah nilai keindahan dalam novel tersebut dengan cara menekankan kata atau frase yang dianggap penting diulang. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 1 dengan materi sastra dan pokok bahasan gaya bahasa khususnya gaya bahasa perulangan.
Downloads
References
Hirata, A. (2019). Orang-Orang Biasa. Bentang Pustaka.
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Khusnin, M. (2012). Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya Terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/seloka.v1i1.121
Melati, I. K. (2019). Kritik Sosial dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra (SENASBASA), 3(2). http://research-report.umm.ac.id/index.php/
Murniati, R. P. (2014). Analisis Repetisi Pada Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere-Liye. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
Pamungkas, S. A., & Saddono, K. (2017). Repetisi dan Fungsinya dalam Novel di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie: Analisis Stilistika . Metasastra: Jurnal Penelitian Sastra, 11(1), 113–130. https://doi.org/10.26610/metasastra.2018.v11i1.113-130
Ratna, I. N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian sastra: dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme: Perspektif Wacana Naratif. Pustaka Pelajar.
Razak, N. A., & Salleh, C. A. (2016). Retorik Naratif dalam Novel “Orang Kota Bharu.” International Journal of the Malay World and Civilasation (Iman), 13–22. https://doi.org/10.17576/IMAN-2016-0402-02
Setyorini, Y. (2016). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Gumuk Sandhi Karya Poerwadhie Atmodihardjo [PBSJ-FKIP]. http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1740
Susilowati, E. (2016). Gaya Bahasa dalam Novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 1(2). http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1511
Tan, P. (2020, March 14). Minat Baca Orang Indonesia Paling Rendah di Dunia, Karena Tak Ada Akses dan Kesempatan. Konde.Co Media for Women and Minority. https://www.konde.co/2020/03/minat-baca-orang-indonesia-paling.html/
Tarigan, H. G. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Penerbit Angkasa.
Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Penerbit Angkasa.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.