NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

  • Nuroini Najmiya Nafisa Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Kanzunnudin Universitas Muria Kudus
  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus
Abstract views: 1580 , PDF downloads: 1199

Abstract

Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy merupakan novel yang menceritakan seorang perawan tua yang tak kunjung menikah karena karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana karya habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan  menggunakan metode simak dengan teknik pencatatan. Analisis data dilakukan menggunakan model pembacaan heuristik dan pembacaan hermenutik. Penyajian hasil analisis menggunakan penyajian informal. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy meliputi (1) Nilai agama yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah taat dalam beribadah, berdoa, bersabar, berdzikir, bersikap husnudzon kepada Allah SWT, dan bersyukur kepada Allah, (2) Nilai moral dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah berbakti kepada kedua orang tua, memuliakan tamu, memiliki rasa malu, dan sikap rendah hati, (3) Nilai sosial yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah tidak adanya deskriminasi, adanya dukungan dari seorang sahabat, dan sifat dermawan, (4) Nilai budaya  yang terdapat dalam novel Cinta Suci Zahrana adalah percaya diri, mandiri, optimis, dan ikhtiar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. (2015). Karakter Tokoh dalam Novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah’ Karya Tere Liye. Humanika, 3(15).

Afifah, M. (2018). Pendidikan Akhlak Masyarakat Perspektif Hadist. Jurnal Al-Iman, 2(2), 266–281.

Ali, I. (2014). The Structural Analysis of Thirteen Reason Why, A Novel by Jay Asher. Linqua, 1(2), 70–82.

Aziz, A. (2012). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Universitas Negeri Yogyakarta.

El-Shirazy, H. (2011). Cinta Suci Zahrana. Jakarta Selatan: Ihwah Publishing House.

Kanzunnudin, M. (2017). Menggali Nilai dan Fungsi Cerita Rakyat ‘Sultan Hadirin dan Masjid Wali At-Taqwa’ Loram Kulon Kudus. Kredo, 1(1), 1–16.

Mainun. (2015). Analisis Nilai Pendidikan Novel ‘Jiwa Di Titik Nol’ Karya Habib Hidayat sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Novel Di SMP. Universitas Mataram.

Maulana, F. (2016). Penanaman Nilai-nilai Kedermawanan dalam Kegiatan Organisasi IPNU di Ranting Sampang Kecamatan Sampang kabupaten Cilacap. IAIN Purworejo.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayani. (2017). Peran Rasa Malu dan Rasa Bersalah Terhadap Pengajaran Moral Anak. Al-Irsyad, 7(1), 63–77.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel ‘Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu karena Allah)’ Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum. KATA, 2(2), 182–191.

Pradopo, R. D. (2011). Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pramestisari, P. (2017). Nilai-nilai Religius dalam Novel ‘Assalamualaikum Beijing’ dan ‘Cinta di Ujung Sajadah’ Karya Asma Nadia. IAIN Raden Intan Lampung.

Prihandono, A. D. T. (2014). Analisis Struktural dalam Cerita Pendek ‘Die Postkarte’ Karya Heinrich Boll. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, U. (2019). Diskriminasi Terhadap Perempuan dalam Novel ‘Sunyi di Dada Sumirah’ Karya Artie Ahmad. Universitas Negeri Semarang.

Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saffan, E. (2016). Urgendi Doa, Ikhtiar, dan Kesadaran Beragama dalam Kehidupan Manusia. Fitra, 2(1), 20–27.

Salahuddin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sumardjo, J., & Saini, K. M. (1988). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sunata, Y. N., Saddhono, K., & Hastuti, S. (2014). Tinjauan Struktural dan Nilai Pendidikan Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye. Basastra, 1(3).

Utami, I. W. P. (2017). Analisis Nilai Religius dalam Novel ‘Antara Cinta dan Ridha Ummi’ Karya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA”. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Waluyo, H. J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa dan Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Wicaksono, A. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi Edisi Revisi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yenhariza, D., & Nurizzati, E. R. (2012). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 167–174.

Zaid, M. I., & Fajar, D. M. (2018). Pendidikan Ketaatan Beribadah dan Aktualisasinya di SD Al-Islam Yogyakarta. Jurnal Abdau, 2(1), 76–100.

Published
2021-01-18
How to Cite
Nafisa, N. N., Kanzunnudin, M., & Roysa, M. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 111-124. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3705
Section
Articles