Strategi Pemasaran Pedagang Sembako Dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
The development and competition of the business world in the current era of globalization is getting higher. This study aims to determine the marketing strategies of basic food traders in the pasar baru paiton. The method used is qualitative based on observation, interviews, and documentation. The results of the study showed that the marketing strategies carried out by nine basic necessities traders used several strategies, among others, (a) service strategies, not easily discouraged when experiencing losses or being lazy when they made large profits; (b) product strategy, punctuality and the speed of serving buyers can have an effect on reduced income; (c) price strategy, price openness is needed in trading, so that the product (bargaining) process can be mutually beneficial; (d) promotion strategies, where traders approach emotionally to foster consumer trust, while fostering a high social life. Nevertheless, there are some deviations in marketing practices, such as the presence of elements of gharar or obscurity, the element of coercion and selling merchandise below market prices.
[Perkembangan dan persaingan dunia bisnis di era globalisasi saat ini semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pedagang sembako di pasar baru paiton. Metode yang digunakan adalah kualitatif berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pedagang sembako menggunakan beberapa strategi antara lain, (a) strategi pelayanan, tidak mudah putus asa ketika mengalami kerugian atau bersikap malas ketika mendapat keuntungan yang banyak; (b) strategi produk, ketepatan waktu buka dan kecepatan melayani pembeli dapat berpengaruh pada berkurangnya pemasukan; (c) strategi harga, keterbukaan harga diperlukan dalam berdagang, sehingga proses khiyar (tawar-menawar) produk dapat saling menguntungkan; (d) strategi promosi, di mana pedagang melakukan pendekatan secara emosional untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen, sekaligus memupuk jiwa sosial yang tinggi. Kendati demikian, terdapat beberapa penyimpangan dalam praktik pemasarannya, seperti adanya unsur gharar atau ketidakjelasan, adanya unsur pemaksaan dan menjual barang dagangan dibawah harga pasar.]
Downloads
References
Al-Qur’an Terjemah Disertai Ayat-Ayat Do’a Ayat-Ayat Keutamaan Al-Qur’an Ayat-Ayat Tazkiyatun Nafs Dan Hadits Keutamaan Al-Qur’an. Pustaka Al-Mubin.
Alma, Buchari. Kewirausahaan, (Bandung: Alfabeta, 2013).
“Arti Kata Pasar-Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online,” diakses 29 Januari 2019, http://kbbi.web.id/pasar.
Amalia, Euis. 2013, "Mekanisme Pasar Dan Kebijakan Penetapan Harga Adil Dalam Perspektif Ekonomi Islam", Al-Iqtishaq, Vol. V, No. 1.
Diana, Ilfi Nur. Hadis – Hadis Ekonomi, (Malang: UIN Maliki Perss, 2012).
Farida, Ulfa Jamilatul. 2012, "Telaah Kritis Pemikiran Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Pasar Dalam Konteks Ekonomi Islam Kekinian", La Riba Jurnal Ekonomi Islam, Vol. VI, No. 2.
Idri. Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi, (Jakarta: Kencana, 2015).
Kamaruddin. 2017, "Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam", Laa Maisyir, Vol. 4, No. 1.
Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islami, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).
Kristaung, Robert. 2005, "Strategi Relationship Marketing: Kajian Teoritis Dan Implikasinya Dalam Manajemen Pemassaran", Jurnal Manajemen Krida Wacana, Vol. 5, No. 2.
Mardiyono, Aris. 2015, "Pengaruh Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi Terhadap Keunggulan Bersing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Tinjauan Teoritis)", Serat Acitya: Jurnal Ilmiah, Vol. 04, No. 01.
Mauliana, Yenni Yuniarti, & Sarah. 2012, "Strategi Pemasaran Produk Digital Printing Pada CV. FNB Digital Jambi", Vol. 1, No. 1.
Ihsan, Muh., Abdullah, Wahidah., & Rusydi, Ulum, Bahrul. 2018, "Implementasi Prinsip Ekonomi Islam Oleh Pedagang Dalam Melakukan Penimbangan Sembako Di Pasar Soppeng", An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 05, No. 01.
Rosyidi, Suherman. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro, (Jakarta: Rajawali Pers, 2006).
Rozalinda. Ekonomi Islam Teori Dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).
Tahlohding, Sareeha. 2015, "Pemasaran Dalam Ekonomi Islam Studi Integrasi Dan Komprehensif", Hukum Islam, Vol. XV, No. 1.
Tamamudin. 2014, "Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik Pemasaran Syariah", Jurnal Hukum Islam (JHI), Vol. 12, No. 2.
Usman, Abdul Halim. Manajemen Strategi Syariah: Teori, Konsep, & Aplikasi, (Jakarta: Zikrul Hakim, 2015).
Akila. 2014, "Menjaring Konsumen Dengan Konsep Beriontasi Strategi Pemasaran", Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 11, No. 3.
Jasman, & Agustin, Rini. 2018, "Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang di Pasar Tradisional)", Khozana, Vol. 1, No. 1.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.
• Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC-BY-NC)
Iqtishadia: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah by http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/iqtishadia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.iainmadura.ac.id.