PENDIDIKAN INTEGRATIF PADA TARBIYATUL MU’ALLIMAAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP

  • Fiena Saadatul Ummah Pascasarjana STAIN Pamekasan
Abstract views: 432 ,

Abstract

Abstrak: Pendidikan integratif pondok pesantren merupakan sistem perpaduan antara pendidikan agama dan pendidikan umum yang diterapkan di sebuah pesantren. Seiring perkembangannya, pesantren pun terus meningkatkan pola-pola pendidikan yang lebih modern. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu selama penelitian dan setelah penelitian dilakukan. Pelaksanaan pendidikan integratif di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan terbagi menjadi tiga aspek, yaitu perencanaan, proses dan evaluasi. Perencanaan sistem tersebut melalui studi banding dan bersilaturrahim ke beberapa pondok di Jawa Timur, membentuk tim kecil untuk menyusun kurikulum hingga terbentuk kurikulum hidup dan kehidupan. Program-program yang terbentuk yaitu program intrakurikuler, program ko-kurikuler, program ekstrakurikuler, dan program bimbingan dan penyuluhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Barizi, Ahmad. Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Damopolii, Muljono. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali, 2011.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2012.

Djamaluddin dan Abdullah Aly. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Engku, Iskandar & Siti Zubaidah. Sejarah Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Fathurrohman, Muhammad & Sulistyorini. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam; Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Praktik dan Teoritik). Yogyakarta: Teras, 2012.

Kadir, Abdul. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.

Kurniawan, Syamsul & Erwin Mahrus. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Kuswandi, Iwan & Ihwan Amalih. Sang Konseptor Pesantren KH. Muhammad Idris Jauhari. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2015.

Lubis, Saiful Akhyar. Konseling Islam Kyai dan Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ Press, 2007.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Matin. Perencanaan Pendidikan Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Rencana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Meldona. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2014.

Mutohar, Ahmad & Nurul Anam. Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam dan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2015.

Nizar, Samsul. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana, 2013.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LkiS, 2009.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Solichin, Mohammad Muchlis. Keberlangsungan dan Perubahan Pendidikan Pesantren di Tengah Arus Modernisasi Pendidikan. Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Sukarjo, M. & Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Sulhan, Muwahid & Soim. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2013.

Suprayogo, Imam. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN-Maliki Press, 2013.

Suryosubroto, B. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Syarif, Zainuddin. Dinamisasi Manajemen Pesantren dari Tradisional hingga Modern. Yogyakarta: SUKA Press, 2007.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Tirtarahardja, Umar, & S. L. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.

TM, Fuaduddin. Diversifikasi Pendidikan Pesantren; Tantangan dan Solusi. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, (5), 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Zainal, Veithzal Rivai & Fauzi Bahar. Islamic Education Management dari Teori ke Praktik: Mengelola Pendidikan Secara Profesional dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Zainuddin, M. Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN-Malang Press, 2010.

Zubaedi. Isu-Isu Baru Dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Published
2018-09-12
How to Cite
Ummah, Fiena Saadatul. 2018. “PENDIDIKAN INTEGRATIF PADA TARBIYATUL MU’ALLIMAAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 5 (1). Pamekasan, Indonesia. https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1740.
Section
Articles