TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Membangun Sebuah Paradigma Pendidikan Yang Mampu Menjadi Wahana Bagi Pembinaan Dan Pengembangan Peserta Didik)

  • Matrapi Matrapi Pascasarjana IAIN Madura
Abstract views: 8285 , PDF downloads: 2002
Keywords: Tipologi, Pemikiran, Pendidikan Islam

Abstract

Tipologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan berdasarkan tipe atau jenis secara lebih spesifik. Pendidikan Islam adalah usaha mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya atau kemasyarakatannya dan dalam alam sekitarnya melalui proses pendidikan yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Pemikiran pendidikan Islam adalah serangkaian proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara bersungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan Islam dan berupaya untuk membangun sebuah paradigma pendidikan yang mampu menjadi wahana bagi pembinaan dan pengembangan peserta didik secara paripurna. pemikiran pendidikan Islam memiliki empat tujuan, salah satunya yaitu membantu menemukan masalah-masalah pendidikan dan sekaligus memberikan cara untuk mengatasinya berdasarkan cara kerja yang sistematik, radikal, universal, mendalam, spekulatif dan rasional. Tipologi pemikiran pendidikan Islam sangat beragam dan memiliki pandangan masing-masing terhadap pelaksanaan serta proses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Jalaluddin & Abdullah. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

. Pemikiran Pendidikan Islam & Barat. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.

. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.

Nizar, Samsul. Sejarah Sosial Dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Noor, Fauz. Berpikir Seperti Nabi. Yogyakarta: LKIS, 2009.

Ramayulis & Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Sahilun & Nasir. Pemikiran Kalam Teologi Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.

Sugiono & Tamsil Muis. Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Supriyadi, Dedi. Pengantar Filsafat Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2013.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Tilaar, H.A.R. Standarisasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Published
2018-09-12
How to Cite
Matrapi, Matrapi. 2018. “TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Membangun Sebuah Paradigma Pendidikan Yang Mampu Menjadi Wahana Bagi Pembinaan Dan Pengembangan Peserta Didik)”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 5 (1). Pamekasan, Indonesia, 1-15. https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1822.
Section
Articles