KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. M. HASYIM ASY‘ARI: Studi Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim

  • Titik Handayani IAIN Madura
  • Achmad Fauzi IAIN Madura
Abstract views: 656 , PDF downloads: 442
Keywords: Education, character building, M. Hasyim Asy‘ari, Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim

Abstract

Moral decadence that befalls most students in Indonesia is very alarming. The moral values which are expected belong to themselves increasingly decline. It is proven by the brawl among students, pregnant out of wedlock, drug abuse, and the persecution on the teachers significantly increase. By using analytical-descriptive method, this study concerns to the character education in KH. M. Hasyim Asy‘ari’s perspective taken from his book entitled Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim which is focused on the students ethics in studying, including ethics in learning, student’s ethics to the teacher, and student’s ethics in dealing with the lesson. The result of this study shows that character education in KH. M. Hasyim Asy‘ari’s perspective has a harmony even precedes a number of values within character education materials of the Research and Development Agency, Curriculum Center of the Ministry of National Education, Indonesia. Thus, it can be developed within character education discourse that is being carried out and it can produce the knowledgeble students and also having good personalities.

[Krisis akhlak karimah yang menimpa mayoritas peserta didik di Indonesia semakin memprihatinkan. Nilai moral yang diharapkan ada dalam diri mereka semakin terkikis, sehingga mengakibatkan tawuran antarpelajar, siswa hamil di luar nikah, penggunaan narkoba semakin merajalela, serta penganiayaan siswa terhadap guru yang bahkan sampai berujung kepada kematian sang guru. Dengan metode analitis-deskriptif, penelitian ini mengkaji tentang pemikiran KH. M. Hasyim Asy‘ari tentang pendidikan karakter dalam Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim yang difokuskan pada etika peserta didik dalam menuntut ilmu, yang mencakup etika dalam belajar, etika siswa terhadap guru, dan etika siswa dalam menghadapi pelajaran. Penelitian ini mengungkap bahwa pemikiran KH. M. Hasyim Asy‘ari tentang pendidikan karakter selaras bahkan mendahului sejumlah nilai dalam materi pendidikan karakter dari Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Indonesia, sehingga bisa dikembangkan dalam wacana pendidikan karakter yang sedang marak dilakukan dan bisa mencetak peserta didik yang tidak hanya berilmu luas tetapi juga berkarakter]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Titik Handayani, IAIN Madura
Pendidikan Agama Islam
Achmad Fauzi, IAIN Madura
Ahwal Syakhshiyah

References

Arifin, Muzayyin. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Asy‘ari, Hasyim. 2007. Etika Pendidikan Islam, terj. Mohamad Kholil. Yogyakarta: Titian Wacana.

Asy‘arî, Muhammad Hâsyim, 1415 H. Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim. Jombang: Maktabah al-Turâts al-Islâmî.

Burnawi, dan M. Arifin. 2014. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. 1, vol. IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan di Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saibeni. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawan, Syamsul dan Erwin Mahrus. 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Mulyasa. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Ni’am, Syamsun. 2011. Wasiat Tarekat Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramayulis, dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Supriyadi. t.th. Ulama Pendiri, Penggerak, dan Intelektual NU dari Jombang. Jombang: Pustaka Tebuireng.

Susanto. 2010. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Syarifuddin. 2013. “Ruang Lingkup Kajian Filsafat Nilai,” dalam Nilai dalam Wacana Filosofis, ed. Fuadi. Banda Aceh: Ushuluddin Publishing.

Tafsir, Ahmad. 2014. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Agus dan Sigit Purnama. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zuhairini, et.al. 2013. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-12-10
How to Cite
Handayani, Titik, and Achmad Fauzi. 2019. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. M. HASYIM ASY‘ARI: Studi Kitab Âdâb Al-‘Âlim Wa Al-Muta‘allim”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 6 (2). Pamekasan, Indonesia, 120-36. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i2.2285.
Section
Articles