INTERNALIZATION OF MODERATE VALUES OF ISLAM IN THE DEVELOPMENT OF COMMUNITY–BASED VILLAGE COMMUNITY LITERATION: A Case Study of Kita Belajar Mandiri Literacy Community

  • Ahmad Sholeh UNIVERSITAS ISLAM MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  • Sigit Priatmoko UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Abstract views: 265 , PDF downloads: 207

Abstract

This study aims to comprehensively reveal the construction of moderate values of Islam developed by Kita Belajar Menulis (KBM) literacy community in Bojonegoro and how these values were internalized to their members. This research employed a case study design. Data were collected using observation, interviews, and documentation techniques. The data collected was analyzed using an interactive analysis model that included data collection, data reduction, data display, and concluding. The results showed that the moderate values of Islam developed by KBM in Bojonegoro were based on equality values. Then it developed into pluralism, authenticity, brotherhood, tolerance, and progressiveness. To internalize these values, KBM used four strategies that included giving reinforcement, modeling, habituation, and discussion, so that the moderate values of Islam are properly internalized.

[Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara komprehensif konstruksi nilai-nilai moderat Islam yang dikembangkan oleh komunitas literasi Kita Belajar Menulis (KBM) di Bojonegoro dan bagaimana nilai-nilai tersebut diinternalisasikan kepada anggotanya. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderat Islam yang dikembangkan oleh KBM di Bojonegoro berlandaskan pada nilai kesetaraan. Kemudian berkembang menjadi pluralisme, autentisitas, persaudaraan, toleransi, dan progresif. Untuk menginternalisasikan nilai-nilai tersebut, KBM menggunakan empat strategi yang meliputi pemberian reinforcement, modeling, pembiasaan, dan diskusi, sehingga nilai-nilai moderat Islam terinternalisasi dengan baik]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Sholeh, UNIVERSITAS ISLAM MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)-AKREDITASI A
Sigit Priatmoko, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)-AKREDITASI A

References

Andriyos, Benny. “Menag: Moderasi Beragama, Jantung Kemenag.” Kemenag, July 10, 2019, http://www.pendis.kemenag.go.id/new/2019/07/10/menag-moderasi-beragama-jantung-kemenag/, accessed 10 July 2019.

Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk hingga Akar: Sebuah Refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cahyani, Berliana Henu. 2012. “Peran Reinforcement dalam Kemampuan Regulasi Diri pada Siswa SD Selama di Kelas.” Jurnal Spirits, 3 (1): 1-13, https://doi.org/10.30738/spirits.v3i1.1121.

Dewi, Noviana and NanikPrihartanti. 2014. “Metode Biblioterapi dan Diskusi Dilema Moral untuk Pengembangan Karakter Tanggungjawab.” Jurnal Psikologi, 41 (1): 47-59, https://doi.org/10.22146/jpsi.6957.

Futaqi, Sauqi. 2018. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Proceedings of 2nd Annual Conference for Muslim Scholars. Surabaya: Kopertais Wilayah IV.

Hakim, Muhammad Aziz, et. al. 2017. Moderasi Islam: Deradikalisasi, Deideologisasi dan Kontribusi untuk NKRI. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Juditha, Christiany. 2019. “Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 16 (1): 79, https://doi.org/10.24002/jik.v16i1.1857.

Permatasari, Ane. 2015. “Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.

Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. 2018. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, eds. Rangesti Wiedarti and Kisyani Laksono. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sitompul, Hafsah. 2016. “Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Penanaman Nilai-Nilai dan Pembentukan Sikap Pada Anak.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4 (1).

Superka, Douglas P., et. al. 1976. Values Education Sourcebook: Conceptual Approaches, Materials Analyses, and an Annotated Bibliography. California: Social Science Education Consortium.

Zaqiah, Qiqi Yuliati and A. Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Interview:

Lutfiah Fajrianti, interview via WhatsApp, 15 October 2019, at 19.52.

Rahayu Lestari Putri, interview, Sunday, 13 October 2019, at 14.05.

Published
2020-06-12
How to Cite
Sholeh, Ahmad, and Sigit Priatmoko. 2020. “INTERNALIZATION OF MODERATE VALUES OF ISLAM IN THE DEVELOPMENT OF COMMUNITY–BASED VILLAGE COMMUNITY LITERATION: A Case Study of Kita Belajar Mandiri Literacy Community”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 7 (1). Pamekasan, Indonesia, 1-18. https://doi.org/10.19105/islamuna.v7i1.2762.
Section
Articles