MARKETING STRATEGY OF GHARAR BUSINESS SCHEMES: Mystery Box on E-Commerce Shopee Platform
Abstract
ABSTRACT
Mystery box sale and purchase have developed into a fraudulent area, the prices and goods obtained are not appropriate, so consumers feel at a loss. This study aims to determine the marketing strategy and sales mechanism of the mystery box. The research method used in this research is descriptive qualitative with the type of research used in this study being observation by examining mystery box products in Shopee. Based on the results of the analysis carried out on the Shopee application, two types of keywords were found. The first keyword is the Mystery Box and the second keyword is the "Misteri Box" both have different product categories. There are ±27,000 products entitled mystery box and ±14,678 products with the name mystery box. So, it can be concluded that most of the sellers use titles with the keyword "mystery box". Mystery box on the Shopee site can be categorized as a marketing strategy that uses marketing segmentation without differentiating the market (Undifferentiated Marketing) and targeting in the form of full market coverage/mass market targeting.
ABSTRAK
Jual beli mystery box berkembang menjadi sebuah lahan penipuan, harga dan barang yang didapat tidak sesuai sehingga konsumen merasa rugi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing dan mekanisme penjualan dari mystery box. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan observasi pada produk mystery box yang ada di Shopee. Bedasarkan dari hasil analisis yang dilakukan pada aplikasi Shopee ditemukan dua jenis kata kunci, pertama adalah “Mystery box” dan kata kunci kedua adalah “Misteri Box”. Keduanya memiliki kategori produk berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 27.000 produk yang muncul jika menggunakan kata kunci “mystery box” dan terdapat terdapat 7.000 produk jika menggunakan kata kunci “misteri Box”. Sehingga, dapat disimpulkan jika kebanyakan dari penjual lebih banyak menggunakan judul dengan kata kunci “mystery box”. Strategi pemasaran produk mystery box di Shopee dapat dikategorikan sebagai strategi marketing yang menggunakan segmentasi pemasaran tanpa membedakan pasar (Undifferentiated Marketing) dan targeting berupa cakupan pasar penuh (full market coverage/mass market targeting).
Downloads
References
References
Aksamawanti. “Gharar: Hakikat Dan Pengaruhnya Terhadap Akad.” Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum 5, no. Mei (2019): 44–56.
Alam, Azhar. “Perkembangan Ekonomi Islam : Perspektif Filosofis.” In Proceeding of International Conference On Islamic Epistemology, Universitas Muhammadiyah Surakarta, May 24th, 2016, 5:63–68, 2016.
Alam, Azhar, Raditya Sukmana, Izah Rokhimatul Khotimah, and Aditya Nurrahman. “Halal Fashion Business Marketing by Using Endorsement and Paid Promote Amid a Pandemic.” In Proceedings of the 5th International Conference on Islamic Studies (ICONIS) 2021, 343–58, 2021.
Azizah, Noor, Danang Mahendra, and Budi Lofian. “Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Strategi Promosi Dan Penjualan UMKM Tas Di Kabupaten Kudus.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10, no. 1 (2019): 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3555.
Cresswell. Reserachmdesing 5Thmedition. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2013.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications,2017.
Darwin, Muhammad. “The Effect of Communication Strategy in Marketing 4.0 to Purchase Decision Through Brand Advocacy in Shopee E-Commerce.” Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/482 4, no. 2 (2020): 375–96. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/482.
Dyatmika, Sutama Wisnu. “Analisis Strategi Pada Aktivitas E-Commerce Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Spilla Jewelry Di Era New Wave Marketing.” Majalah Ekonomi_ISSN 21, no. 1 (2016): 117–34.
Estijayandono, Kristianto Dwi. “Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 1 (2019): 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125.
Fatimah, Siti. “Strategi Komunikasi Pemasaran E-Commerce Melalui Website Klikhotel.Com.” Jurnal Common 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.34010/common.v1i2.572.
Hadi, M Qoshid Al, Eko Nur Cahyo, and Iman Setya Budi. “Marketing Ethics At Islamic Banks: Principles And Practices.” Journal of Islamic Economic Laws 4, no. 2 (2021): 17–41. https://doi.org/10.23917/jisel.v4i2.14716.
Hosen, Nadratuzzaman. “Analisis Bentuk Gharar Dalam Transaksi Ekonomi.” Al-Iqtishad 1, no. 1 (2009): 63.
Kotler, Philip, and Gasry Armstrong. Principal of Marketing 8th Edition. USA: Prentice Hall, 1999.
Lubis, Arlina Nurbaity. “Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis.” Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 2004, 1–14. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.
Mardiana, Andi. “Uang Dalam Perpekstif Dalam Ekonomi Islam.” Jurnal UIN Jakarta 10, no. 2 (2014): 91–109.
Mujiatun, Siti. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam : Salam Dan Istisna’.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 13, no. September (2013): 202–16.
Muttaqin, Azhar. “Transaksi E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam.” Ulumuddin VI, no. VI (2010): 461. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jphi/article/view/1304.
Nur Arifah, Fatimah. “Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Dalam Bisnis Online.” Jurnal TRANSFORMASI 11, no. 2 (2015): 143–49.
Nur, Efa. “Riba Dan Gharar: Suatu Tinjauan Hukum Dan Etika Dalam Transaksi Bisnis Modern.” Al-´Adalah 12, no. 3 (2015): 647–62.
shopee.co.id. “Peraturan Komunitas,” 2015. https://shopee.co.id/docs/3740.
Putri, Dhita Widya, and Maulida De Mormes. “Analisis Strategi Perencanaan Pesan Pada Akun Instagram E-Commerce @thekufed.” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 1 (2016): 94–110. https://doi.org/10.21009/communicology.041.06.
Rakanita, Amanda Mastisia. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.” Jurnal Ekbis 20, no. 2 (2019): 1280. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237.
Reza, Faisal. “Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id.” Jurnal Kajian Komunikasi 4, no. 1 (2016): 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6.
Ridhawati, Ria Resti. “ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA TOKO RABBANI SEMARANG.” UIN Walisongo Semarang, 2015.
Sandy, Adi Kurnia. “Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Mystery Box,” 2020.
Saronika, Theresia Nadta. “TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MYSTERY BOX DI LAZADA (Studi Kasus Pada Akun Izzat Store).” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, 2020.
“Shopee Indonesia.” Accessed February 18, 2022. https://shopee.co.id/.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran Prinsip Dan Penerapan. Edited by Anastasia Diana. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019.
Wardhana, Aditya. “Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Ukm Di Indonesia.” In Prosiding Seminar Nasional Forum Keuangan Dan Bisnis, 327–37, 2015.
Waters, Michael. “To Engineer Virality, Brands Are Making Their Own Mystery Boxes,” 2021. https://www.modernretail.co/startups/to-engineer-virality-brands-are-making-their-own-mystery-boxes/.
Widani, Ni Made, Agus Putu Abiyasa, Gede Sri Darma, and Agus Fredy Maradona. “Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel Di Bali.” Jurnal Manajemen Bisnis 16, no. 2 (2019): 79. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2042.
Zafani, Dita Anis, and Moh Musfiq Arifqi. “Cahsless Society on GoPay : An Islamic Economic Perspective.” Journal of Islamic Economic Laws 3, no. 2 (2020): 141–58.