INTERPRETATION OF TASAWWUF IN ISLAMIC EDUCATION TO IMPROVE RELIGIOUS TOLERANCE
Abstract
ABSTRAK
Problematika riset ini berupa maraknya sejumlah kasus dan isu terkait intoleransi dalam beragama yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Salah satu upaya Kementerian Agama yakni dengan program moderasi beragama yang disosialisasikan melalui internalisasi dalam dunia pendidikan hingga ke masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan studi pustaka yang dikategorikan jenis kualitatif. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan dokumen dan dianalisis dengan causal descriptive yang bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan relevansi pemikiran Syaikh Yusuf al-Makassari dalam Pendidikan Islam sebagai upaya dalam meningkatkan moderasi beragama. Hasil penelitian adalah pemikiran etika tasawuf Syaikh Yusuf al-Makassari dinilai relevan dengan Pendidikan Islam karena orientasi pada rasa dan etika religius yang bersifat adaptif. Pemikiran tersebut sangat menekankan pada nilai-nilai moderasi dan toleransi yang sangat tinggi berupa tawassuth, tawazun, i’tidal dan tasamuh. Nilai-nilai yang sejalan dengan moderasi beragama ini, maka patur diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khusunya di Indonesia yang majemuk.
ABSTRACT
The problem with this research is the rise in a number of cases and issues related to religious intolerance that have occurred in Indonesia in recent years. One of the Ministry of Religion's efforts is a religious moderation program that is socialized through internalization in the world of religion. This research used a literature study, which is classified as qualitative. Data were obtained through data collection techniques with documents and analyzed using causal descriptive, which aims to reveal and describe the relevance of Shaykh Yusuf al-Makassari's thoughts in Islamic education as an effort to increase religious moderation. The results of the research show that Syaikh Yusuf al-Makassari's Sufism (tasawwuf) ethical thoughts are considered relevant to Islamic education because of their orientation towards adaptive religious feelings and ethics. These thoughts place great emphasis on the very high values of moderation and tolerance in the form of tawassuth, tawazun, itidal, and tasamuh. These values are in line with religious moderation, so they should be applied in the life of the nation and state, especially in a pluralistic Indonesia.
Downloads
References
Abdurrahman, Muhammad Farhan. “Liberalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Shibgoh: Prosiding Ilmu Pendidikan UNIDA Gontor 1 (2023).
Abror, Mhd, and Abdurrahman Kepulauan Riau. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi.” Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (December 18, 2020): 143–55. https://doi.org/10.35961/RSD.V1I2.174.
Achadah, Alif, and Mohammad Fadil. “Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah Dan Pengetahuan Sistematis.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 1, 2020): 130–41. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2123.
Ahmad, Zaidi Bin, Azhar Abdul Wahid, Abdul Halim Ali, Fakulti Bahasa, and Dan Komunikasi. “Kerasulan Insan Kamil Membentuk Modal Insan Dalam Novel Imam.” Rumpun Jurnal Persuratan Melayu 8, no. 2 (October 5, 2020): 16–27. http://rumpunjurnal.com/jurnal/index.php/rumpun/article/view/125.
Aizid, Rizem. “Biografi Ulama Nusantara : Disertai Pemikiran Dan Pengaruh Mereka,” n.d., 320.
Amin, F Kasma. “Para Tawanan Perang : Kisah Syekh Yusuf Al-Makasari Dan Arung Palakka - Google Books.” Accessed June 3, 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Para_Tawanan_Perang_Kisah_Syekh_Yusuf_Al/470zDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=syekh+yusuf+al-makassari&pg=PR20&printsec=frontcover.
Ansori, Ansori. “Urgensi Etika Dalam Pendidikan Akhlak Islam Menurut Perspektif Yusuf Al-Makassari.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2018): 155–70.
———. “Urgensi Etika Dalam Pendidikan Akhlak Islam Menurut Perspektif Yusuf Al-Makassari.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (June 30, 2018): 155–70. https://doi.org/10.54180/ELBANAT.2018.8.1.155-170.
Arifin, Ramlan, and Muhammad Yusuf. “Toleransi Umat Beragama Dalam Perspektif Hadis.” As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah 1, no. 1 (June 26, 2020): 1–13. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/73.
Azizah, Faras Puji. “Tradisi Animisme Dan Dinamisme Dalam Masyarakat Tigo Luhah Tanah Sekudung.” Majalah Ilmiah Tabuah: Ta’limat, Budaya, Agama Dan Humaniora 27, no. 1 (2023): 1–23.
Dute, Hasruddin. “Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa Di SMA Negeri 4 Jayapura.” AT-Ta’DIB : Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan 1, no. 1 (November 30, 2017): 1–23. http://jurnal.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/jurnalfai/article/view/410.
Estuningtyas, Retna Dwi. “Tarekat Khalwatiyah Dan Perkembangannya Di Indonesia.” The International Journal of Pegon: Islam Nusantara Civilization 3, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.51925/inc.v3i02.22.
Fathani, Aqil Teguh, and Zuly Qodir. “Agama Musuh Pancasila? Studi Sejarah Dan Peran Agama Dalam Lahirnya Pancasila-Aqil Teguh Fathani Dan Zuly Qodir || 117 Agama Musuh Pancasila Studi Sejarah Dan Peran Agama Dalam Lahirnya Pancasila Religion Of Pancasila’s Enemy History Study And The Role.” Jurnal Al Qalam 26, no. 1 (2020): 117–28.
Ghufron, M Nur. “Ghufron 138 Fikrah.” Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 4 (2016). https://doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1664.
Hadi Ihsan, Nur, Fachri Khoerudin, and Reza Kusuma. “Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (October 9, 2022): 48–65. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V5I4.323.
Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182.
Herman, Ronaldo Heinrich. “Kebutuhan Akan Pengakuan Agama Shinto Sebagai Salah Satu Agama Resmi Dalam Peraturan Perundang-Undangan Sebagai Usaha Pemenuhan Hak Kebebasan Beragama Pemeluk Agama Shinto Di Indonesia.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 7, no. 2 (2023): 1726–33. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5022/http.
Hidayah, Nur. “Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 02 (October 10, 2022). https://doi.org/10.30868/EI.V10I02.2361.
Huda, Miftahul, and Rhoni Rodin. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Upaya Penguatannya Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 02 (June 29, 2020): 39–53. https://doi.org/10.35719/JIER.V1I02.24.
Junaidin. “Konsep Al-Fana, Al-Baqa Dan Al-Ittihad Abu Yazid Al-Bustami.” Fitua: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (July 8, 2021): 155–66. https://doi.org/10.47625/FITUA.V2I2.314.
Kurniawan, Riyan, Hera Tarisa, and Pristi Suhendro Lukitoyo. “Syekh Yusuf Al-Makassari: Berawal Dari Pengasingan Hingga Menjadi Tokoh Penyebar Agama Islam Di Afrika Selatan.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 13, no. 1 (April 7, 2023): 133–38. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V13I1.404.
Kusriani, Siti. “Jejak Pemikiran Pendidikan Ulama Nusantara: Genealogi, Historiografi.” CV. Asna Pustaka, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/JEJAK_PEMIKIRAN_PENDIDIKAN_ULAMA_NUSANTA/iKdVEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Mustafa+Mustari,+“Agama+Dan+Bayang-Bayang+Etis+Syaikh+Yusuf+Al-Makassari&pg=PA74&printsec=frontcover.
Labbiri. “Tusalamaʹ Menguak Kisah Inspiratif Syekh Yusuf Al-Makassari Yang Penuh Makna Bagi Generasi Zaman Now.” CV. Kanaka Media, 2020. https://www.google.co.id/books/edition/TUSALAMA_Menguak_Kisah_Inspiratif_Syekh/2OpxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=yususf+al+makassari&printsec=frontcover.
Ma’tsaroh, Zana Hashida, Muh.Nur Rokhman. “Peranan Syaikh Yusuf Al-Makassari Dalam Perjuangan Melawan Belanda Di Banten Tahun 1670-1683.” Risalah 2, no. 5 (April 12, 2016). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/risalah/article/view/926.
Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 8 (2022): 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820.
Mudzhira, Iftitah Jafar, and Nur Amrullah. “Sheikh Yusuf Of Makassar As An Intercontinental Preacher: His Challenge, Form And Moderate Da’wa.” Prosiding Internasional Seminar Da’wah And Communication, 2022.
Mulyadi, Edi, Shifatullah. “Relevansi Pemikiran Tasawuf Syekh Yusuf Al-Makassari Al-Bantani Dengan Pendidikan Islam Modern Di Indonesia,” 2021. http://repository.unis.ac.id/js/pdfjs/web/viewer.html?file=../../../repository//Laporan Akhir Penelitian_Edi Mulyadi.pdf.
Mustaqim, Mujahidil. “Analisis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 1 (June 5, 2019): 75–94. https://doi.org/10.14421/JPAI.2019.161-05.
Mustari, Mustafa. “Agama Dan Bayang-Bayang Etis Syaikh Yusuf Al-Makassari - Dr. Mustari Mustafa - Google Buku.” Accessed June 3, 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mhReDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=syekh+yusuf+al-makassari&ots=TzsccmjY2z&sig=xghAo-AY43-KhBl1QGyiNx__ugM&redir_esc=y#v=onepage&q=syekh yusuf al-makassari&f=false.
Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18, no. 1 (2021): 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525.
Rahayu, Endang Sri. “Islam Sempurna Dalam Konsep Syariat, Tarekat Dan Hakikat.” Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial 3, no. 1 (April 1, 2020): 125–33. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/23.
Ridwansyah, Muh, Mukhsin Mukhsin, Kamaruddin Kamaruddin, Aryandi Sudika, and Muhammad Anwar. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Sejarah Kebudayaan Islam Di Kerajaan Gowa.” Jurnal Al-Qiyam 2, no. 2 (December 28, 2021): 203–8. https://doi.org/10.33648/ALQIYAM.V2I2.183.
Rizky, Muhammad Rifqal Kaylafayza, Mohammad Faizin, Sita Rahmasari, and Wahyu Adi Saputra. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” TA’LIMUNA 13, no. 2 (2023): 61–69. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.476.
Rohim, Baharuddin. “Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dalam Moderasi Beragama Di Kauman Tahun 1912-1923 M.” Al-Manar:Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v11i1.375.
Rosyadi, I. “Syekh Muhammad Yusuf Al-Makassari: Sosok Seorang Ulama, Mursyid Tarekat, Dan Pejuang Nusantara Yang Fenomenal.” Al Qalam: Jurnal Kependidikan Dan Keislaman 8, no. 2 (2020).
Sadzali, Ahmad. “Hubungan Agama Dan Negara Di Indonesia: Polemik Dan Implikasinya Dalam Pembentukan Dan Perubahan Konstitusi.” Undang: Jurnal Hukum 3, no. 2 (2020): 341–75. https://doi.org/10.22437/ujh.3.2.341-375.
Solehah, Devi Umi, Putra Daulay, and Zaini Dahlan. “Konsep Pemikiran Tasawuf Falsafi (Ittihad, Hulul Dan Wihdatul Wujud).” Islam & Contemporary Issues 1, no. 2 (September 12, 2021): 1–8. https://doi.org/10.57251/ICI.V1I2.53.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.
Suhaeni, Suhaeni. “Sikap Toleransi Beragama Dan Keterbukaan Dalam Membangun Kepribadian Akhlak Mulia (Sebuah Tinjauan Sosiologis).” Islamika : Jurnal Agama, Pendidikan Dan Sosial Budaya 14, no. 2 (January 16, 2021). https://doi.org/10.33592/ISLAMIKA.V14I2.1086.
Sulistio, Dody, Dody Sulistio, and Edi Kurniawan. “Persinggungan Tasawuf Dan Hadis Di Negeri Bawah Angin Pada Abad Ke-17 : Telaah Shurū ṭ Al- ʻ Ārif Al-Mu ḥ Aqqiq Karya Syaikh Yusuf Al-Makassari” 22, no. 1 (n.d.): 224–44.
Trisna Sanjaya, Oky, Lukman Hakim, Magister Studi Islam, Fakultas Agama Islam, and Universitas Muhammadiyah Jakarta. “Pendidikan Moderasi Beragama: Studi Pemikiran Yusuf Al-Makassari.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 2021, no. 0 (October 28, 2021). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15417.
Wekke, Ismail Suardi, Shabir, Achmad. “Moderasi Dakwah Syekh Yusuf Al-Makassari.” http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/qy3xk
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Penerbit, 2017.
Yusuf, Syekh al-Makassari. Tuhfat Al-Mursalah. Handlist of Arabic Manuscripts Oleh C. Snouck Horgronye, n.d.