PEMBACAAN AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF MOHAMMED ARKOUN

  • Zaqlul Fitrian Djalal STAIN Pamekasan
Abstract views: 701 , PDF downloads: 447
Keywords: Arkoun, al-Qur’an, wahyu, historis, semiotika, teologis

Abstract

: Mohammed Arkoun berupaya memahami al-Qur’an dengan metode yang tidak lazim digunakan mufasir klasik. Bahkan metode yang dipakai justru yang selama ini lekat dengan tradisi ke­ilmuan barat, yaitu metode historis-antropologis, linguistik-semio­tika, dan te­o­­logis-religius. Gagasannya yang liberal ini men­dapat kritikan berbagai pihak, baik kalangan ulama muslim kla­sik maupun dari para orientalis. Meskipun pemikiran Arkoun men­dapat banyak kritikan, beliau dianggap berhasil menarik mi­nat kebanyakan kalangan orientalis untuk mengkaji al-Qur'an, dan berhasil me­ngetengahkan sudut pandang Islam yang dapat diterima dalam lingkungan ilmiah Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arkoun, Mohammed. Berbagai Pembacaan Quran, Terj. Machasin. Jakarta: INIS, 1997.

. “Exploration and Responses: New Perspectives for A Jewish-Christian-Muslim Dialogue”, dalam Journal of Ecumenical Studies. Summer, 1989.

. al-Fikr al-Islami: Qira’at al-‘Ilmiyyah, Terj. Hashim Shaleh. Beirut, 1987.

_______.“Gagasan Tentang Wahyu: dari Ahl al-Kitab sampai Masyarakat Kitab”, dalam Studi Islam di Perancis; Gambaran Pertama, ed. Nico J. G Kaptein dan Henri Chambert-Loir. Jakarta: INIS, 1993.

. Kajian Kontemporer Al-Qur’an. Bandung: Pustaka, 1998.

. Lectures du Koran, Terj. Hidayatullah. Bandung: Pustaka, 1998.

. Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru, Terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: INIS, 1994.

. Rethinking Islam: Common Question, Uncommon Answers, terj: Yudian W. Asmin dan Lathiful Khuluq. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

. Tarikhiyyah al-Fikr al-‘Arabi al-Islami, Terj. Hashim Salih, ed. 2. Beirut: Markaz al-Inma’ al-Qawmi, 1996.

Armas, Adnin. Metodologi Bibel dalam Studi Al-Qur’an (Edisi Kritis). Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Banna (al), Gamal. Evolusi Tafsir: Dari Jaman Klasik Hingga Jaman Modern, Terj: Tafsir al-Qur'an al-Karim baina al-Qudama’ wa al-Muhadditsin. Jakarta: Qisthi Press, 2004.

Cox, Harvey. The Secular City: Secularization and Urbanisation in Theological Perspective. New York: Colier Books, 1990.

Ghafur, Waryono Abdul. “Al-Qur'an dan Tafsirannya dalam Perspektif Arkoun”, dalam Studi Al-Qur'an Kontemporer: Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Islam, Tim Penyusun Ensiklopedi. Ensiklopedi Islam, Vol. 1, Jakarta, 1993.

Krampen, Martin “Ferdinand De Saussure dan Perkembangan Semiologi”, dalam Serba-Serbi Semiotika, ed. Panuti Sudjiman dan Aart van Coest, Cet. 2. Jakarta: Gramedia, 1996.

Meuleman, Johan Hendrik. Tradisi, Kemodernan dan Metamodernisme, terj. LKIS, 1996.

Putro, Suadi. Mohammed Arkoun Tentang Islam dan Modernitas. Jakarta: Paramadina, 1998.

Salihu, Abdul Kadir Hussain. “Hermeneutika Al-Qur’an menurut Muhammad Arkoun: Sebuah Kritik”, dalam ISLAMIA: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam, Thn. I, No. 2. Juni-Agustus 2004.

Shahrur, Muhammad. al-Kitab wa al-Qur'an: Qira'ah Mu’ashirah, terj: Sahiron Syamsuddin Burhanuddin Dzikri, Prinsip dan Dasar Hermeneutika Al-Qur'an Kontemporer. Yogyakarta: eL-SAQ, 2004.

Published
2016-07-01
How to Cite
Djalal, Zaqlul Fitrian. 2016. “PEMBACAAN AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF MOHAMMED ARKOUN”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 3 (1). Pamekasan, Indonesia, 1-21. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.943.
Section
Articles