OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS (Studi pada SMK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep)

  • Emna Laisa SMK Darul Ulum Bumbungan Bluto Sumenep
Abstract views: 595 , PDF downloads: 513
Keywords: budaya religius, Pendidikan Agama Islam, sekolah

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan upaya SMK Darul Ulum dalam mengembangkan budaya religius di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, diketahui bahwa  pengembangan budaya religius dilakukan di sekolah, di luar sekolah bersama warga, dan terhadap lingkungan/alam. Strategi pengembangan budaya religius dilakukan dengan cara merekrut guru lokal, menyemarakkan kegiatan keagamaan di luar kegiatan rutin sekolah, pelibatan guru untuk mengawasi praktik budaya religius, menjadikan kegiatan keagamaan sebagai kegiatan wajib, menggunakan metode pembelajaran yang menarik, pemberlakuan absensi siswa, dan penggunaan simbol-simbol budaya sebagai penguat. Faktor pendukung dalam pengembangan budaya religius adalah dukungan dari warga sekolah, orang tua, dan tokoh masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial yang tidak kondusif dan pengaruh negatif iptek. Dampak positif budaya religius bagi siswa di SMK Darul Ulum, yaitu memupuk sikap istiqamah dalam beribadah, membentuk generasi Islam yang berjiwa pemimpin, menjadi wadah pengembangan bakat, serta meminimalisasi berbagai bentuk kenakalan re

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, Ichlasul. 1999. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam dan Kajian Agama di Perguruan Tinggi” dalam Dinamika Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi, ed. Fuaduddin dan Cik Hasan Basri. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Ata Ujan, Andre et.al,. 2011. Multikulturalisme, Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan. Jakarta: PT. Indeks.

Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif, Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Kartono, Kartini. 2013. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Penddikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2013. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Munjin Nasih, Ahmad. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Ndraha, Taliziduhu. 1999. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosyidi, Imron. 2009. Pendidikan Berparadigma Inklusif. Malang: UIN Malang Press.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN Maliki Press.

Sahlan, Asmaun. 2012. Religiusitas Perguruan Tinggi Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Press

Zainuddin, M. 2010. Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN Malang Press.

Published
2016-07-01
How to Cite
Laisa, Emna. 2016. “OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Pada SMK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep)”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 3 (1). Pamekasan, Indonesia, 77-94. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.949.
Section
Articles