TUJUAN, MATERI, DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBN KHALDŪN

  • Abd Mannan MTs. Nurul Falah
Abstract views: 554 , PDF downloads: 299
Keywords: Pendidikan Islam, Muqaddimah, Ibn Khaldūn, Filosofis-Empiris

Abstract

Ibn Khaldūn merupakan salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pe­ngetahuan. Ibn Khaldūn lebih banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Meskipun demikian, ia juga layak disebut sebagai tokoh pendidikan Islam. Hal ini dapat dibuktikan dalam kitab Muqad­dimah yang tidak hanya membahas kajian sejarah dan sosiologi, tetapi juga mengkaji persoal­an pendidikan. Bahkan hampir se­pertiga kitab Muqaddimah membahas tentang pendidikan. Pan­dangan Ibn Khaldūn tentang pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengurai pandangannya tentang tujuan, isi, dan metode pendidikan Islam secara teoretis dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alavi, Zainuddin. Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan terj. Abuddin Nata. Bandung: Angkasa, 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bouthoul, Gaston. Teori-teori Filsafat Sosial Ibn Khaldūn, terj. Yudian W. Asmin. Yogyakarta: Titisan Ilahi Press, 1998.

Ibn Khaldūn, Abdur Raẖmān bin Muẖammad. Muqaddimah Ibn Khaldūn. Lebanon: Dar al-Kitab al-Arabi, 2012.

Khudhairi, Zainab. Filsafat Sejarah Ibnu Khaldūn, terj. Ahmad Rofi’. Bandung: Pustaka Utsmani, 1987.

Kosim, Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldūn; Kritis, Humanis, dan Religius. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Mauludi, Sahrul. Ibn Khaldūn: Perintis Kajian Ilmu Sosial Modern. Jakarta: Dian Rakyat, 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Muhajir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Raka Serasin, 1991.

Qomar, Mujamil. Epistimologi Pendidikan Islam dan Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam; Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi, ed. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1995.

Siswanto. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filosofis. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press, 2009.

Sulaiman, Fatiyah Hasan. Pandangan Ibn Khaldūn tentang Ilmu dan Pendidikan terj. Herry Noer Ali. Bandung: CV. Diponegoro, 1987.

Suwito, et.al. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Kencana, 2005.

Yuris, Andre. Berkenalan dengan Analisis Isi (Content Analysis): https://andre¬yuris.wordpress.com, diakses 28-03-2015.

Published
2016-07-01
How to Cite
Mannan, Abd. 2016. “TUJUAN, MATERI, DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBN KHALDŪN”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 3 (1). Pamekasan, Indonesia, 137-58. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.952.
Section
Articles