Pengaruh Kualitas Pelayanan Multy Payment Online (MPO) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Jokotole Pamekasan

  • Anna Fijriatul Latifah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Mohammad Bashri Asy'ari Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 129 , PDF downloads: 115

Abstract

Kualitas pelayanan adalah salah satu kata kunci untuk mencapai kepuasan nasabahnya. Pegadaian Syariah Cabang Jokotole di saing untuk memenuhi kepuasan nasabahnya dengan memiliki aplikasi Multy Payment Online. Perkembangan dan persaingan lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan dapat dipastikan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan anggota sehingga Pegadaian Syariah cabang jokotole Pamekasan dituntut untuk bisa memuaskan anggotanya dan menjadi loyal. Dari realita tersebut menghasilkan pertanyaan besar yaitu adakah pengaruh kualitas pelayanan Multy Payment Online terhadap kepuasan nasabah pegadaian syariah cabang jokotole pamekasan. Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas Pelayanan Multy Payment Online berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang jokotole Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 1,530 > t tabel 1,972 dengan taraf signifikan sebesar 0,044 yang lebih kecil dari 0,05 , hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan taraf signifikan sebesar 0,044 < 0,05 maka Ha diterima, artinya Kualitas Pelayanan Multy Payment Online mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Serta koefisien determinasi diketahui R square 0,021 atau 2,1% yang berarti bahwa variabel independen (Kualitas Pelayanan Multy Payment Online) mampu menjelaskan Variabel dependen (kepuasan Nasabah) sebesar 2,4% sedangkan sisanya (100% - 2,4% = 97,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30