PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS QURANI DAN KEARIFAN LOKAL
Abstract views: 168
,
PDF downloads: 787
Keywords:
Pendidikan, agama, nilai, kearifan lokal, karakter
Abstract
Pendidikan nasional dinilai gagal membentuk karakter dan integritas yang baik.
Para sarjana yang mengemban amanah publik telah banyak yang kehilangan
kepercayaan akibat korupsi dan manipulasi. Pendidikan sejatinya mampu
membentuk karakter melalui penanaman nilai-nilai agama dan kearifan lokal.
Pertama, pengawasan melekat dengan pendekatan agama yaitu pemberdayaan
nilai-nilai agama dalam rangka pencegahan dini terhadap korupsi dan
manipulasi. Kedua, pemberdayaan nilai-nilai kearifan lokal, dalam konteks
inibudaya Bugis yang relevan dengan ajaran Islam.Kearifan budaya dan ajaran
Islam mengajarkan kebenaran universal berupa kejujuran dan integritas serta
nilai-nilai kebenaran dan kebaikan lainnya. Pendidikan karaktermelalui
internalisasi nilai-nilai utama pada keseluruhan aktivitas pendidikan, meliputi
perencenaan, proses, dan evaluasi. Integrasi aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik pada seluruh proses pendidikan dapat membentuk kecerdasan
majemuk. Integrasi nilai-nilai universal agama dan keluhuran nilai-nilai budaya
bertujuan untuk melahirkan pemimpin yang “berkarakter” dan masyarakat yang
damai.
Para sarjana yang mengemban amanah publik telah banyak yang kehilangan
kepercayaan akibat korupsi dan manipulasi. Pendidikan sejatinya mampu
membentuk karakter melalui penanaman nilai-nilai agama dan kearifan lokal.
Pertama, pengawasan melekat dengan pendekatan agama yaitu pemberdayaan
nilai-nilai agama dalam rangka pencegahan dini terhadap korupsi dan
manipulasi. Kedua, pemberdayaan nilai-nilai kearifan lokal, dalam konteks
inibudaya Bugis yang relevan dengan ajaran Islam.Kearifan budaya dan ajaran
Islam mengajarkan kebenaran universal berupa kejujuran dan integritas serta
nilai-nilai kebenaran dan kebaikan lainnya. Pendidikan karaktermelalui
internalisasi nilai-nilai utama pada keseluruhan aktivitas pendidikan, meliputi
perencenaan, proses, dan evaluasi. Integrasi aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik pada seluruh proses pendidikan dapat membentuk kecerdasan
majemuk. Integrasi nilai-nilai universal agama dan keluhuran nilai-nilai budaya
bertujuan untuk melahirkan pemimpin yang “berkarakter” dan masyarakat yang
damai.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-03-19
How to Cite
Yusuf, Muhammad. 2015. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS QURANI DAN KEARIFAN LOKAL”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 22 (1), 52 - 65. https://doi.org/10.19105/karsa.v22i1.548.
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.