CHARACTER EDUCATION STRATEGY THROUGH INTEGRATED ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 01 KEDUNGBANTENG PURWOKERTO
Abstract views: 122
,
PDF downloads: 110
Keywords:
endidikan Agama Islam, nilai karakter, budaya sekolah, dan ekstrakurikuler
Abstract
Artikel ini menyimpulkan bahwa nilai, sikap dan perilaku yang positif seperti jujur,
amanah,
optimistis
dan
lain-lain,
serta
menjauhi
perilaku
yang
negatif
seperti
bohong,
boros, dengki dan sebagainya merupakan bagian dari akhlak. Artinya,
nilai-nilai tersebut juga diajarkan dalam pokok bahasan akhlak yang terdapat dalam
pendidikan
agama.
Pembelajaran
tanpa
diikuti
oleh
faktor
lingkungan
yang
mendukung
tidak menjamin dapat tercapai tujuan. Faktor lingkungan sekolah
bisa berwujud budaya sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Nilainilai
moral agama terintegrasi dengan mata pelajaran lain, budaya sekolah dan
kegiatan sekolah yang mendukung akan semakin mempengaruhi akhlak atau sikap
siswa. Dengan model integrasi dengan pelajaran lain, maka siswa akan
memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran
menjadi bermakna bagi siswa. Selain integrasi dengan mata pelajaran lain, pembentukan
nilai-nilai di sekolah juga sangat tergantung budaya sekolah dan
kegiatan sekolah.
amanah,
optimistis
dan
lain-lain,
serta
menjauhi
perilaku
yang
negatif
seperti
bohong,
boros, dengki dan sebagainya merupakan bagian dari akhlak. Artinya,
nilai-nilai tersebut juga diajarkan dalam pokok bahasan akhlak yang terdapat dalam
pendidikan
agama.
Pembelajaran
tanpa
diikuti
oleh
faktor
lingkungan
yang
mendukung
tidak menjamin dapat tercapai tujuan. Faktor lingkungan sekolah
bisa berwujud budaya sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Nilainilai
moral agama terintegrasi dengan mata pelajaran lain, budaya sekolah dan
kegiatan sekolah yang mendukung akan semakin mempengaruhi akhlak atau sikap
siswa. Dengan model integrasi dengan pelajaran lain, maka siswa akan
memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran
menjadi bermakna bagi siswa. Selain integrasi dengan mata pelajaran lain, pembentukan
nilai-nilai di sekolah juga sangat tergantung budaya sekolah dan
kegiatan sekolah.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-03-19
How to Cite
Sunhaji, Sunhaji. 2015. “CHARACTER EDUCATION STRATEGY THROUGH INTEGRATED ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 01 KEDUNGBANTENG PURWOKERTO”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 22 (1), 40 - 51. https://doi.org/10.19105/karsa.v22i1.551.
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.