CHARACTER EDUCATION STRATEGY THROUGH INTEGRATED ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 01 KEDUNGBANTENG PURWOKERTO

  • Sunhaji Sunhaji Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto Jl. A. Yani No. 40 A Purwokerto 53126
Abstract views: 69 , PDF downloads: 68
Keywords: endidikan Agama Islam, nilai karakter, budaya sekolah, dan ekstrakurikuler

Abstract

Artikel ini menyimpulkan bahwa nilai, sikap dan perilaku yang positif seperti jujur,
amanah,
optimistis
dan
lain-lain,
serta
menjauhi
perilaku
yang
negatif
seperti

bohong,

boros, dengki dan sebagainya merupakan bagian dari akhlak. Artinya,
nilai-nilai tersebut juga diajarkan dalam pokok bahasan akhlak yang terdapat dalam
pendidikan
agama.
Pembelajaran
tanpa
diikuti
oleh
faktor
lingkungan
yang

mendukung

tidak menjamin dapat tercapai tujuan. Faktor lingkungan sekolah
bisa berwujud budaya sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Nilainilai

moral agama terintegrasi dengan mata pelajaran lain, budaya sekolah dan
kegiatan sekolah yang mendukung akan semakin mempengaruhi akhlak atau sikap

siswa. Dengan model integrasi dengan pelajaran lain, maka siswa akan
memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran
menjadi bermakna bagi siswa. Selain integrasi dengan mata pelajaran lain, pembentukan

nilai-nilai di sekolah juga sangat tergantung budaya sekolah dan
kegiatan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-03-19
How to Cite
Sunhaji, Sunhaji. 2015. “CHARACTER EDUCATION STRATEGY THROUGH INTEGRATED ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 01 KEDUNGBANTENG PURWOKERTO”. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture 22 (1), 40 - 51. https://doi.org/10.19105/karsa.v22i1.551.