Penanaman Karakter Asma’ul Husna pada Anak Usia Dini di PAUD ELPIST Temanggung

  • Yuni Setya Hartati STAINU Temanggung
  • Puteri Anggita Dewi STAINU Temanggung
  • Luluk Ifadah STAINU Temanggung
Abstract views: 214 , PDF downloads: 112
Keywords: Penanaman; Karakter Asmaul Husna; Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan penanaman nilai karakter Asma’ul Husna pada anak usia dini di PAUD Elpist Kabupaten Temanggung. Pertanyaan penelitian adalah bagaimana PAUD Elpist menanamkan nilai karakter Asma’ul Husna kepada peserta didiknya, faktor-faktor apakah yang  mendukung maupun menghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam usaha penanaman nilai-nilai karakter Asma’ul Husna pada peseta didiknya, PAUD Elpist Temanggung  memadukan kurikulum dari Yayasan yang berbasis Ahlus sunnah wal jamaah an nahdliyah, dan kemendiknas dengan menggunakan beragam metode. Faktor pendukung  dalam implementasi ini adalah para guru memiliki pengetahuan dan motivasi yang tinggi serta  sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya wali murid yang kurang respek tehadap anak, serta minimnya buku atau artikel yang bisa diakses pendidik dalam memilih metode yang tepat. Sebagai rekomendasi agar Yayasan dan pengelola memfasilitasi kegiatan parenting yang melibatkan orang tua, serta memfasilitsi guru dengan buku-buku, atikel tentang metode-metode penerapan nilai kaakter Asma’ul Husna dan pelatihan-pelatihan yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Abu Azka Ibn. (2021). Mengenal Asmaul Husna. CV. Titian Ilmu : Bandung.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Basori, Khabib. (2018). Berakhlak dengan Asmaul Husna. Penerbit Cempaka Putih : Klaten.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69.

Ilahi, M. T., & Ratri, R. K. (2012). Revitalisasi pendidikan berbasis moral. Ar-Ruzz Media.

Mintarsih, M. (2016). Penerapan Metode Inkuiri melalui Media Gambar Berorientasi Lingkungan Sekitar dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas IVSD Pertiwi Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Muaddab, H. (2011). Membangun gerakan moral di sekolah. CV. Garuda Mas Sejahtera : Tebuireng Institute.

Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.hlm-2

Nadziroh, I. (2018). Pengaruh Tripusat Pendidikan Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar.

Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1).

Pratiwi, I. (2020). Internalisasi Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MTs Ma'arif Mojopurno Magetan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan:(Formal, Non Formal, dan Informal). Penerbit Deepublish : Yogyakarta.

Syafriafdi, N. (2020). Menjadi Guru Hebat di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit Deepublish : Yogyakarta

Syahrudin, S. (2019). Penanaman Akidah pada Anak Usia Dini Melalui Penerapan Kurikulum Berbasis Asmaul Husna. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 1-25. Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.

Qomariyah, Siti. (2019) . Pengenalan Asma'ul Husna Anak Usia Dini Melalui. Model Pembelajaran Sentra Imtaq di RA Ar-Rafif Kalasan Sleman. Skripsi : Yogyakarta

Published
2021-08-31
Section
Articles