Prophetic Parenting dalam Membentuk Akhlak Islami Anak Usia Dini pada Himpunan Wali Santri (HIWASI) RA Al Mansur Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan

Kiswatul Karimah, S. Sumihatul Ummah MS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui konsep implementasi, serta manfaat dari Prophetic Parenting  dalam Membentuk Akhlak Islami Anak Usia Dini pada Himpunan Wali Santri RA Al Mansur Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informannya yang dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti adalah kepala sekolah, guru, ketua Himpunan wali santri dan wali santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan, perpanjangan waktu dan trianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, konsep Prophetic Parenting  dalam Membentuk Akhlak Islami Anak Usia Dini pada Himpunan Wali Santri RA Al Mansur yaitu dikonsep dengan beberapa materi kegiatan yang salaras dengan bagaimana Rasulullah SAW. mendidik anak yaitu melalui pembiasaan yang baik, penanaman kejujuran, pembiasaan berbahasa Madura halus, menjadi suri tauladan, pemberian perhatian dan kasih sayang, pemberian nasehat, sanjungan dan hukuman, membangun sosial kemasyarakatan anak serta membentuk aktivitas ibadah anak. Kedua,  implementasi Prophetic Parenting  yaitu terdapat pada program Parenting Class, Visiting Home, dan Perayaan Hari Besar Islam. Ketiga manfaat yang dirasakan oleh wali santri dan guru yaitu meningkatkan kesadaran orangtua tentang bagaimana mendidik anak dengan baik dan benar, wali santri bisa lebih memahami bagaimana cara mendidik anak yang mengacu pada bagaimana Rasulullah SAW. mendidik anak, wali santri mendapatkan informasi mengenai program pendidikan anak, silaturahmi, serta bisa mengetahui metode serta bagaimana menerapkan cara Nabi mendidik anak.

Full Text:

PDF

References


Shadily, John M Echlos dan Hassan. (1976). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Darosy Endah, Bunda. (2015). Permata Hati Ibunda. Semarang: DNA Creative House.

Sholichin, Muchlis. (2017). Psikologi Belajar Dengan Pendekatan Baru (Telaah Komprehensif Paradigma, Prinsip, Model Belajar Dan Pembelajaran). Surabaya: Pena Salsabila.

Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. (2010). Prophetic Parenting. Yogyakarta: Pro-U Media.

Mahmud DKK. (2013). Pendidikan islam dalam keluarga, Jakarta: Akademia.

Arikunto, Suharismi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Lampung: Al-Dzikra.

Noni ganovi. (2013) Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orangtua Dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung). Bandung: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Office:
Prodi PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura
Jl. Raya Panglegur KM. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia

Contact Person:
WA: +6282115331495

E-mail:
kiddo@iainmadura.ac.id

Copyright© of KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
(P-ISSN 2716-0572, E-ISSN 2716-1641, DOI: http://doi.org/10.19105/kiddo )

Maps : -7.197888, 113.473839