Profil Perkembangan Motorik Halus Pada Pembelajaran Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) di Sentra Bahan Alam
Abstract
Penelitian ini memaparkan profil perkembangan moto-rik halus anak A2 pada disentra bahan alam. Populasi penelitian menggunakan anak kelompok A di RA Musli-mat NU 15 sebanyak 60 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dengan meli-batkan 23 anak terpilih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumen-tasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam observasi 1. Gambar potong dan tempel makanan yang disukai 2. Buat gelang dari daun singkong, 3. Permainan pasir ajaib untuk membentuk benda (mainan) kesukaanku. Hasil dari penelitian ini adalah tentang keterampilan motorik halus, yakni keterampil-an menggunakan media dengan koordinasi antara dua tangan. Keterampilan motorik halus pada tangan me-ngembangkan kemampuan anak untuk menggunakan jari-jarinya, terutama ibu jari dan telunjuk. Keteram-pilan motorik halus pada anak usia dini sangat penting untuk dilatih, distimulasi dan dikembangkan terus menerus dalam mempercepat proses kemandirian anak.
Downloads
References
Mely,(2013), Hakikat Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini (Online), (http://melyloelyhabox.blogspot.com/2013/05/hakikat-pengembangan-motorik-anak -tk.html?m=1), diakses 17 september 2019.
Ria susanti, dkk (2016) Enam Cara Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas, (Online), (http://www.sciencedirect.com), diakses 20 september 2019.
Sujiono, N. Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Jakarta.
Cambridgeshire Community Services NHS. (2018). Fine Motor Skills Children’s Therapy Services. Retrieved from https://www.cambscommunity services.nhs.uk
Anggraheni, Ika. (2019). Profil Perkembangan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Kelompok B dalam Kegiatan Cooking Class,46-62. http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/indexLabonati,
Labonati, R () Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok B Di Tk Al-Khairaat Lolu, http://jurnal.untad.ac.id
Askandari, L Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Melukis Dengan Jari Pada Anak Usia 5-6 Tahun http://jurnal.untad.ac.id
Ali Nugraha,dkk. (2003). Kiat Merangsang Kecerdasan Anak. Jakarta: Puspa Swara.
Masitoh,dkk. (2004). Strategi Pembelajaran TK. Buku Materi Pokok. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2013). Manajemen PAUD. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya .
Novan Ardi Wiyani. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru Dalam membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Novan Ardi Wiyani.(2015). Manajemen Paud Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).