Guru Kreatif dalam Mengembangkan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini di TK Pamardi Siwi Depok Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru kreatif dalam mengembangkan alat permainan edukatif untuk anak usia dini di TK Pamardi Siwi Depok Sleman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai kondisi yang ada objektif dilapangan tanpa ada manipulasi data atau inforamasi. serta jenis data yang dikumpulkan diutamakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, simpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan dari ciri-ciri guru kreatif yang peneliti lakukan dan sudah melakukan observasi dan wawancara maka peneliti menyimpulkan bahwa guru-guru yang ada di TK Pamardi Siwi Depok Sleman dari ketiga guru yang ada di TK Pamardi Siwi yang memiliki ciri-ciri guru kreatif hanyalah ibu N.R. Produk kreativitas pengembangan alat permainan edukatif yang telah dibuat ibu N.R adalah anyaman, bulatan warna warni, menjahit, kota raba, tempat hidup binatang, bulatan warna-warni, kubus, menyusun bentuk menara dengan gelas warna-warni, kartu gambar dan kartu huruf, bentuk-bentuk geometri.
Downloads
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).