Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Pertiwi 2 Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur)

  • Adek Diah Saputri
  • Dian Eka Priyantoro
  • Uswatun Hasanah IAIN Metro
Abstract views: 124 , PDF downloads: 87
Keywords: Perkembangan Motorik Kasar, Permainan Tradisional Gobag Sodo

Abstract

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar sebagian seluruh tubuh yang akan dipengaruhi oleh kematangan anak. Permainan tradisional Gobag Sodor berasal dari kata Gobag dan Sodor. Kata Gobag yang artinya bergerak bebas. Sedangkan untuk Sodor artinya Tombak. Permainan tradisional Gobag Sodor sebagai salah satu bentuk dari kegiatan bermain diyakini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini dan untuk mendapatkan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Implementasi Permainan Tradisional Gobag Sodor dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Pertiwi 2 Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur menunjukan hasil yang baik. Adanya implementasi permainan tradisional Gobag Sodor dalam mengembangkan perkembangan motorik kasar dalam hal ini anak-anak bisa lebih mengembangkan motorik kasar secara optimal. Seperti anak mampu berlari sambil melompat, menyeimbangkan gerakan badan, bekerjasama dan mengkoordinasi semua badan. Faktor pendukung yaitu sekolah yang memiliki lahan yang cukup luas serta dukungan orangtua, anak-anak yang antusias dan permainan ini tidak memerlukan biaya. Sedangkan, penghambatnya yaitu sebagian anak yang masih malas banyak bergerak, sebagian anak tidak percaya diri takut mencoba hal baru dan cuaca yang kadang tidak menentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armen, Meiriani dan Apriyanti Rahmalia.“Pengaruh Permainan Tradisional Rondes Dan Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V Sd.”(2017). UNES Journal of Education 1.no. 4.

Erdiana, Lita. “Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak TK kelompok B di kecamatan Sidoarjo.”(2016). Jurnal Pedagogi 2.no. 3.

Hasanah, Uswatun. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 5, No. 1 (19 Juni 2016).

Muslimah, Jamiatul. dkk. “Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tk Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan)”. (2020). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol 1. No 1.

Nurhayati, Iis. “Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten. Desa Suntenjaya)”. (2012). 1.no. 2252.

Siagawati, Moniqa. dkk. “Mengungkap Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Permainan Tradisional Gobag Sodor.”(2007). Indigenous. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi.Vol. 9.No. 1.

Ardy Wiyani, Novan. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. (2014). Yogyakarta: Gava Media.

Fadillah, M. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. (2017). Jakarta: Kencana.

Hasanah, Uswatun, dkk. Permainan Tradisional dan Permainan Modern untuk Anak Usia Dini. (2019). Lampung: CV. Iqro’.

Hayati, Sholatul. Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. (2018). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indah Rini, Julie. Aneka Permainan Anak-Anak Indonesia. (2010). Surakarta: Multi Kerasi.

Janice, J. Beaty. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. 7 ed. (2015). Jakarta: Kencana.

Khodijah.Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. (2012). Medan: Persana Mulia Sarana.

Kurniati, Euis. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. (2017). Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyani, Novi. Super asyik permainan tradisional anak Indonesia.(2016). Cetakan pertama. Baturetno, Banguntapan, Yogyakarta: Diva Press.

Mursid.Belajar dan Pembelajaran Paud. (2016). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

P. Ratu Bangsawan, Irwan. Direktori Permainan Tradisional Kabupaten Banyuasin (2019). Sumatra Selatan: Dinas Pendidikan. Pemuda.Olahraga. Dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.

Ricka Pratama, Lia. Perkembangan Anak. (2017). Metro Lampung: Laduny.

Rudiyanto, Ahmad. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. , (2018).Lampung: Laduny.

———. Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Labuhan Ratu: Darusalam Press, t.t.

Upton, Penney. Psikolgi Perkembangan. (2012). Jakarta: Erlangga.

Published
2021-08-28
Section
Articles