Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan)

  • Heny Triyaningsih IAIN Madura
Abstract views: 14615 , PDF downloads: 7081

Abstract

Media menjadi rujukan utama untuk melihat kondisi kekinian dari sebaran Virus Corona. Untuk mengetahui efek media terhadap persepsi masyarakat Pamekasan digunakan metode survei eksplorasional dengan menjadikan masyarakat Pamekasan sebagai objek. Survei ditujukan untuk umum dan bersifat random (acak). Hasil survei menunjukkan bahwa media terutama media sosial menjadi rujukan bagi masyarakat untuk mendapat informasi mengenai virus Corona. Adapun efek media kepada masyarakat menunjukkan strong effect bahkan mampu membentuk persepsi masyarakat Pamekasan tentang pencegahan penularan Virus Corona kepada individu. Hasil survei tersebut menyiratkan betapa pentingnya bagi individu maupun instansi media membuat dan menyebar berita/informasi yang benar dan valid. Sekaligus kebutuhan pembenahan Undang Undang terkait dalam ranah Sistem Komunikasi Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heny Triyaningsih, IAIN Madura
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Madura

References

Alex, Sobur. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Baran and Davis. 2010. Mass Communication Theory, provides a concise, redable overview of uses and gratifications theory. See ch.10, Using Media: Theories of the Active Audience’. Hal 210-275

Brosius, Bernd Hans and Gabriel Weimann. 1996. “Who Sets The Agenda? Agenda Setting as a Two Step Flow “Communication Research 23” . No 5. Hal 561-580

De Fleur and Ball Rokeach. 2008. Theories of Mass Communication. The University of California Hal 172-186

Gerbner, George, L.Gross, M Morgan and N Signoriell. 1994. Living with Television: The Cultivation perspektive. In J Bryant and D Zilmaan, eds. Media effect: Advances in Theory and Research. Hillsdale, NJ. Erbaum. Hal 17-41

Jalaludin, Rakhmat. 2007. Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2015

Melvin, See L. DeFleur and Sandra Ball Rokeach. 1989. Theories of Communication. 5th ed. Longman. New York. Hal 145-166

Rodman, George. 2012. Mass Media in a Changing World. 4th ed. Mc Graw Hill Company. New York. Pg. 39

Rohmaul listyana & yudi hartono. Jurnal Agastya vol 5 no 1 januari 2015

Sandman, Peter. M. David M Rubin and David B Sachman. 1982. Media : An Introductury analysis of American Mass Communication. 3rd ed. (Englewood Cliffs, NJ: Printice Hall. Hal 4-5

Shaw Donald and Maxwell Mc Combs. 1977. The Emergence of American Political Issue: The Agenda Setting Function of The Press. St. Paul MN: West, 1977. Hal 7

Sirodj, Ach. Chufron. 2016. Peran dan Posisi Kyai di Tengah Masyarakat Pamekasan Madura. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Sumber Internet

Detiknews.com 03 Maret 2020 diakses tanggal 26 Maret 2020

Detiknews.com 31 Maret 2020 diakses tanggal 31 Maret 2020

http://smallbusiness.chron.com/magic-bullet-theory-mass-media-3346.html

Kompas.com 31 Maret 2020 diakses tanggal 31 Maret 2020

Kompas.com diakses tanggal 31 Maret 2020

Liputan6.com 07 Maret 2020 diakses tanggal 26 Maret 2020

Liputan6.com 07 Maret 2020 diakses tanggal 26 Maret 2020

Mediamadura.com 14 Maret 2020 diakses tanggal 26 Maret 2020

Nasional.kompas.com 02 Maret 2020

Suara Surabaya FM 100 data per 21 Maret 2020

Wearesocial.com diakses tanggal 31 Maret 2020

Wikipedia.com diakses tanggal 24 Maret 2020

Published
2020-06-02
Section
Articles