Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura

Aflahah Aflahah

Abstract


Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura telah menerapkan kurikulum berbasis KKNI sejak tahun 2016, dan sampai sekarang penerapannya masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa fakta hasil observasi di lingkungan IAIN Madura, ditambah hasil wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Prodi TBIN melakukan beberapa tahapan seperti melakukan peninjauan ulang dan memberbaiki kurikulum, melakukan studi wawasan ke beberapa perguruan tinggi, dan mengadakan workshop dan program pendampingan. 2) Implementasi kurikulum bisa dikatakan berjalan hampir sebagaimana mestinya. 3) Evaluasi implementasi kurikulum masih pada konteks kurikulum sebagai sebuah pembelajaran dan pengajaran saja, yaitu hanya fokus pada penyesuaian mata kuliah dengan capaian pembelajaran. 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya: lemahnya penggunaan media pembelajaran IT, kurangnya pendampingan ahli KKNI, sarana dan Prasarana kurang mendukung, dan juga komitmen bersama semua pihak termasuk dosen prodi dan mahasiswa. Untuk itu seluruh pihak seharusnya bisa terus meningkatkan kualitas kurikulum dan mengembangkan perangkat kurikulum berbasis KKNI dengan baik.

[TBIN Program of IAIN Madura have implemented KKNI based curriculum since 2016 but it is still far from maximal. This study is intended to describe the planning, implementation, evaluation, and the factors that affect the implementation of KKNI based curriculum on TBIN Program. This is descriptive qualitative research. The data sources were field observation results, complete with the data from interviews and documentation. Data analysis involved data reduction, data display, conclusion drawing, and verification. The research results were 1) TBIN program did several stages such as reviewing and ‘fixing’ the curriculum, doing insight studies to some Universities, and held a workshop and mentoring program. 2) The implementation of the curriculum can be assumed to be almost as expected. 3 The evaluation of curriculum implementation revealed that it is still in the context of the curriculum as learning and teaching, it only focused on course adjustment with the learning outcomes. 4) The factors influenced its implementation was linguistics and literature’s weak of the lecturers, lack of mastering IT-based learning, the budget was still low, the lack of mentoring experts of KKNI, facilities, and infrastructure is less support. Therefore, the entire parties should continue to improve the quality of the curriculum and develop KKNI based curriculum properly.]

Keywords


Kurikulum; KKNI; Tadris Bahasa Indonesia;

Full Text:

PDF

References


Belmawa. “Capaian Pembelajaran (CP).” Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan (blog), June 14, 2019. https://belmawa.ristekdikti.go.id/capaian-pembelajaran-cp/.

Butcher, Christopher, Clara Davies, and Melissa Highton. Designing Learning: From Module Outline to Effective Teaching. London: Routledge, 2006.

Casmini. “Evaluasi Dan Peninjauan Kurikulum BKI Berbasis KKNI.” Jurnal Hisbah 11, no. 1 (2014): 120–44.

Depdiknas. Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2010.

Direja, Ardi Cahya. “Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia.” EDUTECH 16, no. 2 (October 10, 2017): 222. https://doi.org/10.17509/e.v16i2.7756.

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu Pada KKNI Dan SN-Dikti. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2018.

Fauzan, and Asep Ediana Latip. “Curriculum Readiness and Program Evaluation in Implementing Indonesian National Qualifications Framework Curriculum (KKNI).” Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society 2, no. 2 (2015): 191–203. http://dxdoi.org/10.15408/tjems.v2i2.3179.

Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2005.

Hasanah, Nur. “Kesiapan Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis KKNI (Studi Kasus Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Ambon).” Fikratuna 6, no. 2 (2014). http://dx.doi.org/10.19109/jip.v3i1.1376.

Jono, Ali Akbar. “Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di LPTK Se-Kota Bengkulu.” MANHAJ : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2016).

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. “Rambu-Rambu Penyusunan Capaian Pembelajaran.” Power Point Presentation, 2017.

http://cp.ristekdikti.go.id/file/LAMPIRAN%20I%20RAMBU%20PENYUSUNAN%20CP%20-%201%20JUNI%202017.pdf.

Menristek Dikti. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran, 2016.

Panjaitan, Binur, Elza I.L. Saragih, and Erna Helena M. Tampubolon. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi KKNI Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru.” In Prosiding Lemlit. Universitas HKBP Nommensen, 2018.

Savitri, Agusniar Dian, and Kisyani Laksono. “Kaji Ulang Mata Kuliah Dalam Struktur Kurikulum Berbasis KKNI Prodi Sastra Indonesia UNESA.” LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching 13, no. 2 (2017): 215–22.

Solikhah, Imroatus. “Dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes.” LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching 12, no. 1 (March 1, 2015): 1–22. https://doi.org/10.30957/lingua.v12i1.68.

Suralaga, Fadhilah. Pedoman Akademik Program Strata 1 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, 2015.

Tim Belmawa-Dikti. Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Ditjen-Dikti, 2014.

Tim KKNI. “Landasan Hukum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.” Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan RI, 2015.

Waseso, Hendri Purbo, and Muhtar Sofwan Hidayat. “Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi PGMI Unsiq Jawa Tengah.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 3, no. 1 (August 30, 2017): 33. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1376.

Sumber Interview:

Adriana, Iswah. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 25, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 25, 2019.

Effendy, Moh. Hafid. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 14, 2019.

———. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 14, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 12, 2019.

Faridi, Moh. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 12, 2019.

———. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 12, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 10, 2019.

Kusumawati, Hesti. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 12, 2019.

———. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 12, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 10, 2019.

Rizam, Masyitah Maghfiroh. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 10, 2019.

———. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 10, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 8, 2019.

Usman. Evaluasi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 24, 2019.

———. Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi TBIN. Direct Interview, April 24, 2019.

———. Perencanaan Kurikulum Berbasis KKNI. Direct Interview, April 24, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Lisensi Creative Commons
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam is published by Research Institute and Community Service of IAIN Madura and distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on the creation http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/index


Flag Counter


Indexed by: