PENGEMBANGAN PERAN DOSEN PENASIHAT AKADEMIK DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR DAN AKHLAQUL KARIMAH MAHASISWA (Studi Kasus di STAIN Pamekasan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji peran dosen penasihat akademik terhadap prestasi belajar dan akhlaqul karimah mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, dimana variabel independennya berupa dosen penasihat akademik dan variabel dependen (Variabel Output, kriteria, konsekuen, terikat) adalah Prestasi belajar dan akhlaqul karimah mahasiswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan pertama, berdasarkan pengujian dengan menggunakan Program SPSS menghasilkan r hitung sebesar 0.585** dengan N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung prestasi belajar mahasiswa (Y1) dan untuk pengujian hipotesis yang kedua, menghasilkan rhitung sebesar 0.536** dengan N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung akhlaqul karimah mahasiswa (Y2)
Downloads
References
Abduh, Muhammad, Tafsir Juz ‘Amma, Terjemahan Muhammad Bagir : Bandung: Mizan, Cetakan VI, 2001
Al- Ghazali, Abu HamidMuhammad, Ihya’ Ulum al Din, Jilid III, Beirut: Dar al Hikmah, tt.
Al- Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir al Maraghi, Beirut: Dar al Ihya’ al Turath al Arabiyah, 1985
Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
Djuwarijah, Sikap Mahasiswa UII Terhadap Pelayanan Dosen Pembimbing Akademik, Fenomina Vol.1 No.1 Maret 2005 (ISSN:16954896)
Ibn Maskawih, Tahzib al Akhlak wa Tathir al A’raf, Mesir: al Maktabah al Mishriyah, 1934
Imam ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2001
Luis Ma’ruf, Kamus al Munjid, (Beirur: al Maktabah, tt)
Marngali, Upaya Pembinaan Ahklaqul Karimah Siswa di SMK Widya Dharma Turen Malang, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Negeri Malang, (April, 2008)
Meide Yarni, Hubungan peran dosen pembimbing akademik dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Pemkab Langkat Tahun Ajaran 2008/2009, (Karya Tulis Ilmiah, Juni 2009)
Mochlis Sholicin, Psikologi Belajar, Aplikasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran, Surabaya: Pena Salsabila, 2013
Mochlis Sholicin, Pendidikan Akhlak Tasawuf, Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam dan Pembaca Umum, Yogyakarta: SUKA- Press UIN SUNAN KALIJAGA, 2012
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Disiplin Kehadiran Dosen di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam, (Bab III, Pasal 4, Ayat 1, Butir i)
Pedoman Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tahun Akademik 2013/2014, Edisi Revisi 2013, diterbitkan Oleh: STAIN Pamekasan. Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan Tel.0324-333187 Faks 0324-333551 Website:http://www.stain pamekasan.ac.id, ISBN: 978-602-8639-04-0
Sugeng L Prabowo, Sistem Pengelolaan Perguruan Tinggi,disampaikan dalam Workshop Pengembangan Kelembagaan P2M (Pusat Penjaminan Mutu) STAIN Pamekasan, Pamekasan; 07September 2013
Sujono, Korelasi Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar, Jurnal Realita, Volume 3 Juli, 2005
Sumanto, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
Sukardi, “Metode Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya”, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
W.S. Winkel, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1983
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.