PENINGKATAN MUTU PENULISAN SKRIPSI STAIN PAMEKASAN (Studi Tema dan Metode Penulisan Skripsi Program Studi PAI STAIN Pamekasan 2013-2014)
Abstract
Secara khusus riset ini akan mengungkap kecenderungan pemilihan tema-tema dan metode serta tempat riset yang dipilih mahasiswa ketika menulis skripsi serta kebijakan pengajuan judul skripsi di Program Studi (PS) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pamekasan. Penelitian ini merupakan jenis library research, dimana data tentang skripsi yang telah dikumpulkan, diklasifikasikan, diberikan kode yang meliputi tema, metode dan tempat riset skripsi. Selanjutnya dianalisis dengan SPSS 18 untuk melihat kecenderungan tempat, tema dan metode dalam penulisan skripsi serta kebijakan pengajuan skripsi mahasiswa PAI STAIN Pamekasan. Hasil riset menunjukkan kecederungan tema materi pelajaran dipilih 36 mahasiswa (12.2%), pendidik dipilih 35 orang (11.9%), proses pembelajaran sebanyak 29 mahasiswa (9.9%), peserta didik 27 orang (9.2%). Metode yang digunakan metode kualitatif (89%), sedangkan sisanya (11%) menggunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian meliputi sekolah dipilih 201 mahasiswa (68%), madrasah 40 mahasiswa (13.6%), serta memilih penelitian skripsi di pesantren 39 mahasiswa (13.3%). Alternatif kebijakan pengajuan judul skripsi dengan berhadapan langsung dengan Ketua Program Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan yang diatur sesuai dengan pengaturan di Jurusan Tarbiyah, serta pengajuan melalui on-line yang diajukan dengan cara melalui internet dengan memasukkan judul melalui email Progran Studi (PS) PAI STAIN Pamekasan.
Downloads
References
Abdullah, Irwan. Konstruksi Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Alsa, Asmadi, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Managemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1995;
Blough, Donald S dan Patricia Mc Brige Blough, Experiments in Psychology: Laboratory Studies of Animal Behavior, London: Holt, Rinehar and Winston, Inc, 1990;
Edgerton, Suzan, dkk., Imagining The Academy: Higher Education and Popular Culture, New York: Routlege Falmer, 2005;
Hadi, Sutrisno, Bimbingan Menulis Skripsi, Tesis 2, Yogykarta: Andi Offset, 1993;
Ibrahim, Syukur. Panduan Penelitian Etnografi Komunikasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1994;
Kerlinger, Fred N. Asas-Asas Penelitian Behavioral, Yogyakarta: UGM Press, 1990
Meleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Remaja Rosda Karya, 2005;
Mercer, Neil. “Researching Common Knowledge: Studying The Content and Context of Educational Discourse” dalam Doing Educational Research, Londong: Routledge, 1991;
Murti dan Salamah, Metodologi Penelitian Bisnis Yogyakarta: Andi, 2005;
Suparmoko. Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta: BPFE, 2009;
Salim, Agus, (peny). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (Dari Denzin Guba dan Penerapannya), Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001;
Suryadi dan Silmenes Porang. Penuntun Penyusunan Papar, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1980;
Usman, Hasan. Metode Penelitian Sejarah, Mu’in Umar dkk (Pentj.) Jakarta: Departemen Agama RI, 1986;
Wallford, Geofley, “Reflexive Accounts of Doing Educational Research” dalam Doing Educational Research, Londong: Routledge, 1991;
Woods, Peter, Inside Schools: Ethnography in Educational Research, London: Roudlegde, 1986;
Anonim, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pamekasan: STAIN Press, 2012;
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.