STUDI MAQÂSHID AL-QUR’ÂN SURAH AL-NISÂ’: 1-5 MENURUT SHIDDÎQ HASAN KHÂN DALAM KITAB FATH AL-BAYÂN FÎ MAQÂSHID AL-QUR’ÂN

  • Ahmad Khoiri Sekretaris Redaksi harakatuna.com
Abstract views: 819 , PDF downloads: 595
Keywords: Aksiologi, Epistemologi, Maqâshid al-Qur’ân, Ontologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap maqâshid al-Qur’ân menurut Hasan Khân. Karena luasnya medan penelitian, penulis mengambil sampel sebagai spesifikasi, yaitu surah al-Nisâ’[4]: 1-5. Spesifikasi tersebut dipakai penulis untuk menelisik maqâshid al-Qur’ân menurut Hasan Khân dari tiga aspek: ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, yakni mendeskripsikan penafsiran Hasan Khân, serta menganalisis konsep maqâshid al-Qur’ân dalam tafsirnya. Ada tiga rumusan masalah utama dalam penelitian ini: apa maksud maqâshid al-Qur’ân menurut Shiddîq Hasan Khân, bagaimana aplikasi metodologisnya, serta apa implikasi dari konsep maqâshid al-Qur’ân menurut Shiddîq Hasan Khân dalam tafsir Fath al-Bayân fî Maqâshid al-Qur’ân surah al-Nisâ’ [4]: 1-5. Melalui penelitian ini, lanskap maqâshid al-Qur’ân menurut Hasan Khân teruraikan, tidak hanya bahwa penafsirannya terhadap surah al-Nisâ’ [4]: 1-5 memuat disiplin maqâshid, namun juga keterlibatan Hasan Khân terhadap spektrum dinamika maqâshid, serta sumbangsih Hasan Khân terhadap diskursus maqâshid al-Qur’ân.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Âbâdî, Muhammad Abû al-Layts al-Khayr. (ed.). Al-Wahy wa al-‘Ulûm fî al-Qarn al-Wâhid wa al-‘Isyrîna. Cet. Ke-1. Malaysia: IIUM Press. 2011.

Abadi, Totok Wahyu. “Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika.” Kanal Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 4. No. 2. Maret 2016.

Affani, Syukron. Tafsir al-Qur’an dalam Sejarah Perkembangannya. Pamekasan: Al-Qadiry Publishing. 2015.

Auda, Jasser. Maqâshid al-Syarî‘ah Dalîl li al-Mubtadiîn. Cet. Ke-1. Washington: Ma‘had al-‘Âlamî li al-Fikr al-Islâmî. 2011.

Bahrum. “Ontologis, Epistemologi dan Aksiologi.” Sulesana.Vol. 8.No. 2. 2013.

Dîn, Muhammad al-Râzî Fakhr al-. Tafsîr al-Fakhr al-Râzî al-Musytahir bi al-Tafsîr al-Kabîr wa Mafâtîh al-Ghayb. Beirut: Dar al-Fikr. 1981.

Dulaymî, Muwaffaq ‘Abd al-Razzâq al-. Shiddîq Hasan Khân al-Qanûjî; Juhûduh fî Tafsîrih Fath al-Bayân fî Maqâshid al-Qur’ân. Cet. ke-1. Riyadh: Al-Tawbah. 2014.

Fikriyati, Ulya. “Maqâshid al-Qur’ân dan Deradikalisasi Penafsiran dalam Konteks Keindonesiaan.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 9. No. 1. September 2014.

Fikriyati, Ulya dan Ahmad Fawaid, “Pop-Tafsir on Indonesian YouTube Channel: Emergence, Discourse, and Contestations,” Proceeding AICIS 2019, Oktober.

Halalî, ‘Abd al-Rahmân. “Muqârabât Maqâshid al-Qur’ân al-Karîm; Dirâsah Târikhiyyah.” Al-Tajdîd. Vol. 20. No. 39. 2016.

Hâmidî, ‘Abd al-Karîm. Maqâshid al-Qur’ân min Tasyrî‘ al-Ahkâm. Cet. ke-1. Beirut: Dâr Ibn Hazm. 2008.

Hamûdî, Muhammad Mahdi ‘Alî al-. Al-Qannûjî wa Arâ’uh al-Tafsîriyyah ‘alâDhaw’ Aqwâl Aimmat al-Tafsîr. Sudan: Wizârat al-Ta’lîm al-‘Âlî wa al-Bahts al-‘Ilmi. 2015.

Haryanto, Rudy. “Review Filsafat Ilmu; Dasar Aksiologi.” https://www.researchgate.net/publication/324600874 (diakses pada 25 April 2019).

Hûjah, Muhammad Habîb ibn al-. Maqâshid al-Syarî‘ah al-Islâmiyyah li Syaikh al-Imâm al-Akbar Muhammad Thâhir ibn ‘Âsyûr. Jilid 3. Qatar: Thab‘ah Wizârat al-Awqâf wa al-Syu’ûn al-Islâmiyyah. 2004.

Khân, Shiddîq Hasan. Fath al-Bayân fi Maqâshid al-Qur’ân; Tafsîr Salafîy Atsarîy Khâlin min al- Isrâ’îliyyât wa al-Jadaliyyât al-Madzhabiyyah wa al-Kalâmiyyah Yughnî ‘an Jamî‘i al-Tafâsîr wa Lâ Tughnî Jamî‘uha ‘Anhu. Beirut: Al-Maktabah al-‘Ashriyyah. T.t.

Mustaqim, Abdul. Dinamika Sejarah Tafsir al-Qur’an; Studi Aliran-aliran Tafsir dari Periode Klasik, Pertengahan hingga Modern-Kontemporer. Cet. ke-2. Yogyakarta: Idea Press. 2016.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Cet. ke-1. Yogyakarta: LKiS. 2010.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir. Cet. ke-1. Yogyakarta: Idea Press. 2015.

Nadîm, Abd al-Majîd. Shiddîq Hasan Khân al-Qannûjî wa Juhûduh al-Lughawiyyah. Lahore: University of Punjab. T.t.

Parray, Tauseef Ahmad. “Islamic Modernist and Reformist Thought: A Study of the Contribution of Sir Sayyid and Muhammad Iqbal,” World Journal of Islamic History and Civilization. Vol. 1.No. 2. 2011.

Poespowardojo, T. M. Soerjanto dan Alexander Seran.Filsafat Ilmu Pengetahuan: Hakikat Ilmu Pengetahuan, Kritik Terhadap Visi Positivisme Logis, serta Implikasinya. Cet. Ke-2. Jakarta: Kompas. 2015.

Rahmat, Aceng. Conny Semiawan, dkk. Filsafat Ilmu Lanjutan. Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana. 2011.

Raysûnî, Ahmad al-. Madkhal ilâ Maqâshid al-Syarî‘ah. Kairo: Dâr al-Kalimah li al-Nasyr wa al-Tawzî’. 2010.

Setiawan, M. Nur Kholis. “Al-Qur’an dalam Kesarjanaan Klasik dan Kontemporer; Keniscayaan Geisteswissenschaften.” Jurnal Studi al-Qur’an. Vol. 1.No. 1. 2006.

Soleh, Khudori. Filsafat Islam dari Klasik hingga Kontemporer. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.

Suminar, Tri. “Tinjauan Filsafati (Ontologi-Epistemologi-Aksiologi) Manajemen Pembelajaran Berbasis Teori Sibernetik,” journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/961/898. Diakses pada 26 April 2019.

Syahza, Almasdi. “Filsafat Ilmu: Ontologis, Epistemologi, Aksiologi,” dalam http://almasdi.unri.ac.id (diakses pada 6 April 2019).

Taufik, Ahmad. “Hubungan Antarumat Beragama (Studi Kritis Metodologi Penafsiran Tekstual).” Journal of Qur’ân and Hadîts Studies. Vol. 3.No. 2. Desember 2014.

Thabarî, Muhammad ibn Jarîr al-. Jâmi‘ al-Bayân ‘an Ta’wîl Âyi al-Qur’ân. Cet. Ke-2. Kairo: Makatabah Ibn Taimiyah. T.t.

Wadud, Amina. Qur’an and Women; Rereading the Sacred Text from a Woman’s Perspective. New York: Oxford University Press. 1999.

Wijaya, Aksin. Nalar Kritis Epistemologi Islam. Cet. Ke-2. Yogyakarta: Teras. 2013.

Published
2020-05-27
Section
Articles