Kinerja Karyawan Perbankan Syariah: Integrasi Peran Etika Kerja Islami, Kepemimpinan Transformasional dan Kualitas Pelayanan

  • Yenti Afrida Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang
  • Hendra Lukito Universitas Andalas, Padang
  • Wahyuni Lely Augusna Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang
  • Harif Amali Rivai Universitas Andalas, Padang
  • Laura Syahrul Universitas Andalas, Padang
Abstract views: 86 , pdf downloads: 45
Keywords: kinerja karyawan, etika kerja islami, kepemimpinan transformasional, kualitas pelayanan

Abstract

Kinerja karyawan adalah motor penggerak berjalannya suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara etika kerja islami, kualitas pelayanan dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menguji hubungan etika kerja islami, kualitas pelayanan dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan perbankan syariah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purpossive sampling. Penelitian ini dilakukan pada perbankan syariah yang ada di Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner melalui google form. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) untuk menilai outer model dan inner model berdasarkan Structural Equation Modeling (SEM). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama etika kerja islami memiliki hubungan yang positif namun tidak signifikan dengan kinerja karyawan perbankan syariah. Temuan kedua menunjukkan menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada perbankan syariah dan temuan ketiga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan dalam mempengaruhi kinerja karyawan perbankan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank Syariah Indonesia. “Energi Baru Untuk Indonesia 2021,” 2021, 448–49.

Dariansyah, Deddy. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati.” Sosio E-Kons 10, no. 2 (2018): 150. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2671.

Deswanti, Annisa Ika, Dewiana Novitasari, Masduki Asbari, and Agus Purwanto. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: Narrative Literature Review.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2, no. 3 (2023): 34–40.

Dillah, Moh. Ubay, Putri Ainur Rofiqoh, Afny Wahdiatul Hikmah, and Aniqotuzzahro’ Fitriana. “Internalisasi Etos Kerja Islam Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Urusan Agama Siliragung.” Hijaz 2, no. 4 (2023): 55–59.

Dolores, Ma, and C Tongco. “Definition of Purposive Sampling.” A Journal of Plants, People and Applied Research 5 (2007): 1–12. https://ethnobotanyjournal.org/index.php/era/article/view/126.

Dubey, Shubha, Namita Ruparel, and Rajneesh Choubisa. “Does Organizational Virtuousness and Psychological Capital Impact Employee Performance: Evidence from the Banking Sector.” Development and Learning in Organizations 34, no. 5 (2020): 17–19. https://doi.org/10.1108/DLO-08-2019-0190.

Fattah, Ince Abdul, and Haeranah , Baddaruddin. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep.” Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia 2 (2021): 906–16.

Ghozali, Imam, and Hengky Latan. Partial Least Squares : Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro Semarang, 2021.

Hair, J. F. H, J. J. Risher, M. Sarstedt, and C. M. Ringle. “The Results of PLS-SEM Article Information.” European Business Review 31, no. 1 (2018): 2–24.

Hair, Joseph F. “When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM” 31, no. 1 (2019): 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203.

Hair, Joseph F, William C Black, Barry J Babin, Rolph E Anderson, William C Black, and Rolph E Anderson. MULTIVARIATE DATA ANALYSIS Multivariate Data Analysis, 2019.

Jiang, Weiping, Xianbo Zhao, and Jiongbin Ni. “The Impact of Transformational Leadership on Employee Sustainable Performance: The Mediating Role of Organizational Citizenship Behavior.” Sustainability (Switzerland) 9, no. 9 (2017): 1–17. https://doi.org/10.3390/su9091567.

Lengkong, Ovelia, Vicktor P. K. Lengkong, and Merinda H. C. Pandowo. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Berbintang Di Manado.” Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akutansi 9, no. 3 (2021): 1286–95.

Otoritas Jasa Keuangan. “Statisitk Perbankan Syariah,” 2023.

Parastra, Hafid Gisen, Yunia Wardi, and Ilham Thaib. “Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Dan Performa Kerja Karyawan ; Systematic Literature Review.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 5, no. 2 (2023): 1086–93. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i2.6095.

Priyatmo, Cornelius Ludi. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan Kerja.” Jurnal Ekonomi 9, no. 1 (2018): 13–21.

Purnomo, Istiar, Erike Anggraeni, and Nasor. “Peran Islamic Work Ethic Pada Kinerja Karyawan Dengan Di Moderasi Religiusitas.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, no. 01 (2023): 867–75. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8514.

Purwoko, Dwi. “Kebijakan Pemerintah, Media, Dan Fatwa Mui Dalam Mendinamisasi Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia.” Jurnal Wahana Bina Pemerintahan 10, no. 1 (2023): 57–66. https://doi.org/10.55745/jwbp.v10i1.119.

Putri Nurhuzaini, Mustafa Kamal Rokan Rahmi Syahriza. “Pengaruh Penerapan Etika Kerja Islam Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Dengan Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi.” E l - I q t i s h o D 7, no. 1 (2023): 51–70.

R., Vedapradha, and Hariharan Ravi. “Innovation in Banking: Fusion of Artificial Intelligence and Blockchain.” Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship 15, no. 1 (2021): 51–61. https://doi.org/10.1108/apjie-09-2020-0142.

Ramadhani, Muhammad Alief, and Nurul Indawati. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Otonomi Kerja.” Jurnal Ilmu Manajemen 9, no. 3 (2021): 1101–12. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1101-1112.

Ridwan, Ridwan. “Peranan Etika Kerja Islam Terhadap Hubungan Locus of Control Dengan Kinerja Karyawan.” Trikonomika 12, no. 1 (2013): 72. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v12i1.461.

Rubai’ah, Wilda Siti, and Rini Lestari. “Pengaruh Penerapan Kerja Islami Terhadap Kinerja Karyawan.” Bandung Conference Series: Accountancy 2, no. 1 (2022): 399–405.

Wiandhani, Niken, Habibullah Jimad, and RR Erlina. “The Effect of Transformational Leadership on Employee Performance Mediated by Work Motivation in Car Rental Services Companies in Lampung Province.” International Journal of Economics and Management Studies 9, no. 3 (2022): 53–59. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v9i3p107.

Wulandami, Try, Nazaruddin, and Syafrizal Helmi Situmorang. “Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah Dalam Meningkat Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan 2, no. Mei (2023): 2809–2406.

Zuyyina Lestari, Yinyin, and Nurleli. “Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening.” Bandung Conference Series: Accountancy 3, no. 1 (2023): 359–72. https://doi.org/10.29313/bcsa.v3i1.6400.

Published
2024-06-14