Faktor Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan M-Banking Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pamekasan
Abstract
Perkembangan teknologi informasi menimbulkan evolusi yang mengarah kepada layanan perbankan digital (digital banking). Layanan ini bertujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan mutu pelayanan bank kepada nasabahnya. Untuk itu, bank perlu mengembangkan strategi bisnis yang mengarah pada layanan perbankan digital. Layanan ini lebih berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan nasabah dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi digital melalui perangkat (device) dan aplikasi (software) sebagai delivery channel. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah nasabah Bank BSI Kantor Cabang Pamekasan yang memiliki minat terhadap layanan mobile banking. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Teknik pengambilan sampel yaitu mengguanakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu melalui penyebaran kuesioner secara online pada media sosial yang umu digunakan yaitu whatsapp. Data responden berasal dari nasabah Bank BSI Pamekasan sebanyak 100 orang. Dikategorikan menjadi 4 yaitu jenis kelamin, jenjang pendidikan, usia dan tingkat pendapatan atau penghasilan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan dan keamanan berpengaruh negatif terhadap minat, sedangkan variabel manfaat dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat.
Downloads
References
Giovanis, A., Athanasopoulou, P., Assimakopoulos, C., & Sarmaniotis, C. (2019). Adoption of
mobile banking services: A comparative analysis of four competing theoretical models.
International Journal of Bank Marketing, 37(5), 1165–1189.
https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2018-0200
Leiva, F. M., Climent, S., & Cabanillas, F. L. (2017). Determinantes de la intención de uso de
las aplicaciones de banca para móviles: una extensión del modelo TAM clásico. Spanish
Journal of Marketing - ESIC, 21(1), 25–38. https://doi.org/10.1016/j.sjme.2016.12.001
Anifa, F., Fadhila, N., Farida, I., Prawira, A., Akuntansi, P. S., Pendidikan, U., & Anifa, F.
(2020). Tingkat Kemudahan dan Manfaat pada Penggunaan Layanan Go-Pay bagi Minat Pengguna di Indonesia. 03(01)
Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly 13 (3):319-340.
Yaufi Andriyano, D. R. (2016). Kebermanfaatan , Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Kasus
Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa. Jurnal Profita, 1, 1–16.
Muhammad Shodiqin, PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BSI Semarang), Skripsi IAIN Salatiga 2021, 28
Harith P. H. “Mobile payment service adoption: understanding customers for an application of emerging financial technology” Journal of information & Computer Security, vol. 31 no. 2 December 2022 DOI: https://doi.org/10.1108/ICS-04-2022-0058
Mahmudah & Rahmatika (2021). “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking 2020 (Studi Kasus Nasabah BRI KC Semarang)”. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Volume 6, No. 2, 2021 (419-441)
Firmansyah Putra, Supriyatin, Indra Sakti (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Citra terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Manajemen STEI, Vol 4.
Zahratulaini, Winda Evyanto (2024). Pengaruh Kepercayaan, Nilai Pelanggan,dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Pos Belakang Padang, eCo-Buss, Vol 7.
Diyan Ambarwati (2019), Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan terhadap keputusan penggunaan go-pay pada mahasiswa STIE AUB Surakarta, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol6.
Sri Astuti (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop. JIMAS, Vol. 2.
Abu-Taieh, E.M.;AlHadid, I.; Abu-Tayeh, S.; Masa’deh, R.; Alkhawaldeh, R.S.; Khwaldeh, S.; Alrowwad, A. Continued Intention to Use of M-Banking in Jordan by Integrating UTAUT, TPB, TAM and Service Quality with ML. Jounal Open Innoationv. Technologhy. Market. Compleityx. 2022,8, 120. https://doi.org/10.3390/
joitmc8030120
Kaabachi, S., Mrad, S.B. and Nova, A.F. (2020), “The moderating effect of e-bank structure on Frenchconsumers’ trust”, International Journal of Bank Marketing, Vol. 38 No. 2, pp. 501-528, doi: 10.1108/IJBM-04-2019-0119.
Järvinen, R.A. (2014), “Consumer trust in banking relationships in Europe”, International Journal of Bank Marketing, Vol. 32 No. 6, pp. 551-566.
Ennew, C. and Sekhon, H. (2007), “Measuring trust in financial services: the trust index”, Consumer Policy Review, Vol. 17 No. 2, pp. 62-68.
Shan, C. and Lu, Y. (2009), “The effect of online-to-mobile trust transfer and previous satisfaction on the foundation of mobile banking initial trust”, Eighth International Conference on Mobile Business.
Neha Kumari & Abhijeet Biswas. “Does M-payment service quality and perceived value co-creation participation magnify M-payment continuance usage intention? Moderation of usefulness and severity”. International Journal of Bank Marketing, vol. 41 no. 6 Mei 2023. doi: https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2022-0500
Ana Zahrotun Nihayah, Pengelolaan Data Penelitian Menggunakan Software SPSS 23, 14
Fena Ulfa Aulia, AKUNTANSI BANK SYARIAH BERDASARKAN PSAK 2007/ PAPSI 2013 KAJIAN TEORI DAN STUDI KASUS (Pamekasan: IAIN Madura, 2019).
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.
• Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC-BY-NC)
Iqtishadia: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah by http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/iqtishadia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.iainmadura.ac.id.