Efektifitas Iklan Pada Keputusan Nasabah BPRS Di Madura

  • Rudy Haryanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Abstract views: 608 , PDF downloads: 301
Keywords: Iklan, Konsep AIDA, Keputusan Nasabah.

Abstract

The tight competition between Islamic financial institutions, BPRS in Madura seeks to maintain its existence. Acceleration of the program to increase capacity to be more competitive in developing its business is absolutely necessary in order to maintain business continuity, one of which is through the optimization of the marketing sector. Advertisements are promotional facilities used by BPRS to inform everything about their products. To optimize the function of advertising, the information provided must include product benefits, product prices and product benefits compared to competitors. For this reason, the analysis of this research uses the AIDA concept, namely Attention, Interest, Desire and Action. This study aims to determine the effectiveness of advertising by using the AIDA concept on the decision to become a customer of a BPRS in Madura. The results of the study show that AIDA simultaneously has a significant effect on the decisions of the customers of BPRS in Madura. This is evidenced by the coefficient of determination of AIDA's ability to explain its influence on the decision to become a customer of a BPRS in Madura by 82.4% and 17.6% explained by other variables not examined. While partially AIDA significantly influences the decision to become a customer of a BPRS in Madura with a significance level of 2.4%, 1.4%, 0.08% and 0.02%, respectively. Based on these facts, the most dominant AIDA concept influencing the decision to become a customer of a BPRS in Madura is the Action substance with a significant value of 0.02%.

[Ketatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah, BPRS Di Madura  berusaha mempertahankan eksistensinya. Akselerasi program peningkatan kemampuan untuk lebih kompetitif dalam mengembangkan bisnisnya mutlak diperlukan agar bisa mempertahankan keberlangsungan usaha, salah satunya melalui optimalisasi sektor marketing. Iklan adalah sarana sarana promosi yang digunakan oleh BPRS guna menginformasikan segala sesuatu produknya. Guna mengoptimalkan fungsi iklan, informasi yang diberikan harus mencakup manfaat produk, harga produk serta keuntungan-keuntungan produk dibandingkan dengan pesaing. Untuk itu analisis iklan dalam penelitian ini menggunakan konsep AIDA yaitu Attention, Interest, Desire dan Action. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan dengan menggunakan konsep AIDA pada keputusan menjadi nasabah BPRS di Madura. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan AIDA berpengaruh secara siknifikan terhadap keputusan nasabah BPRS di Madura. Hal ini di buktikan berdasarkan koefisien determinasi kemampuan AIDA menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah BPRS di Madura sebesar 82,4% dan 17,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan secara parsial AIDA berpengaruh secara siknifikan juga terhadap keputusan menjadi nasabah BPRS di Madura dengan tingkat siknifikansi masing-masing 2,4 %, 1,4%, 0,08% dan 0,02%. Berdasarkan fakta tersebut konsep AIDA yang paling dominan mempengaruhi keputusan menjadi nasabah BPRS di Madura adalah subtansi Action dengan nilai siknifikan 0,02%.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arif, M Nur Riyanto. Dasar-Dasar Pemasarn Bank Syariah. Bandung: Alfabeta, 2010.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2011.

Anas, Achmad Tarmidzi, dan Fadllan Fadllan. “Pengaruh Hubungan Berkelanjutan terhadap Kesetiaan Nasabah di BMT NU Cabang Pragaan Kabupaten Sumenep.” IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 4, no. 1 (2017): 66–81.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Reneka Cipta, 2006.

Arifin, Adyatama. ”Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Pasta Gigi Pepsodent Di Kota Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar, 2012.

Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2013.

Departemen Agama RI: Al-Quran dan Terjemahnya Juz 1-30. Surabaya: CV. Pustaka Agung Harapan, 2006.

Djuwitasari, Noor Marriping ”Pengaruh Media Periklanan terhadap Perilaku Masyarkat Penabung pada BRI Syariah”. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010.

E, Louis dan David L. Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga, 2000.

H, Chistopher dan Lauren K. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks, 2005.

Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta : Bumi aksara, 2010.

Heridiansyah, Jefri. Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC. jurnal STIE Semarang, vol 4, no 2, edisi juni 2012.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.

Hermawan, Nielsen Djuwandono “Efektivitas iklan televisi tokobagus. Com versi “ mau jual mobil?” pada masyarakat Surabaya”. Jurnal e-komunikasi, vol 2. no.1 tahun 2014.

http://www.digilib.uinsby.ac.id.html.

http://www.perbarindo.or.id/salinan-rpojk-BPRS-k.e.pdf.html.

http://www.ojk.go.id

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana, 2011.

Johar, Diah Syafita. Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Efektifitas Iklan online. JAB/Vol. 26 NO. 1 September 2015.

Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007.

Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2004.

Kasmir. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana, 2003.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian: Refleksi Pengembangan Dan Pemahaman Dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Koncoro, Mudrajat. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2011.

L, Chiristopher dan Jochen Wirtz. Pemasaran Jasa Manusia, Tekhnologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga, 2010.

Lamb, Hair, McDaniel. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat,2001.

Muhammad. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2011.

Nuryana, Fatati. Statistik Bisnis Jilid 1. Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Rachmawati, Rina. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran. Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei 2011.

Sangiadji, Etta Mamang dan Sopiah. Perilaku Nasabah. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Setiawan dan Dwi Indah Kusrini. Ekonometrika. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.

Simamora, Bilson. Riset pemasaran, Falsafah, Teori, dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Siregar, Syofyan. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013.

Smith, P R. Great Answers to Tough Marketings Questions. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2001.

Sochih, Mohammad. Analisis Tingkat Kesehatan Bank Ditinjau Dari Camel (capital, asset quality,management, earning, and liquidity)ntuk mengukur keberhasilan manajemen pada pt bprs margirizki, banguntapan, bantul, yogyakarta. Jurnal pendidikan akuntansi indonesiavol. vi. no. 2, 2008.

Subagyo, Ahmad. Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharno dan Yudi Sutarso. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Sujarweni, V. Wiratna dan Poly Endrayanto. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Sumarni, Murti. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty, 2011.

Supranto dan Nandan Limakrisna. Perilaku Nasabah & Strategi Pemasaran. Jakarta: Mira Wacana Media, 2011.

Supriyanto, Achmad Sani dan Masyhuri Machfud. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Tim Penyusunan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pamekasan: STAIN Press, 2011.

Wahjono, Sentot Imam. Manajemen Pemasaran Bank. Surabaya: Graha Ilmu, 2009.

Wigawati, Sri. “Perilaku Nasabah Perspektif Ekonomi Islam”. vol. 01 No. 01 Juni 2011.

Yuliawan, Eko. Pengaruh Pengetahuan Nasabah Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Wira Ekonomi Mikroskil, vol. 1, No. 01 April 2011.

Published
2019-08-08
Section
Articles