Peran Entrepreneur Muslimah dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Komparatif pada Sentra Batik Tulis Al-Barokah dan Batik Safira Pakandangan)

  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abstract views: 139 , PDF downloads: 127
Keywords: Entrepreneur Muslimah, Entrepreneurship, Pemberdayaan Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulalitatif jenis Studi Komparatif dengan pendekatan Etnografi yang berupa penelitian perbandingan antara peran dua entrepreneur muslimah dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui tiga hal Pertama, bagaimana eksistensi entrepreneur muslimah di Sentra Batik Tulis Al-Barokah dan Batik Safira Pakandangan, kedua, bagaimana strategi entrepreneurship Sentra Batik Tulis Al-Barokah dan Batik Safira Pakandangan, yang ketiga, untuk mengetahui peran entreprneur muslimah Sentra Batik Tulis Al-Barokah dan Batik Safira Pakandangan dalam pemberdayaan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Tarwiyah dalam pemberdayaan masyarakat Desa Pakandangan Tengah ialah memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sehingga jumlah penduduk yang diberdayakan mencapai sebesar 3,39 % dari jumlah penduduk sebanyak 1.827 jiwa. Sedangkan Jumlah persentase masyarakat Desa Pakandangan Barat yang diberdayakan oleh Luluk Faiqotul Himmah sebesar 0,56 % dari jumlah penduduk sebanyak 3.738 jiwa

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Qur’an.

Farid, 2013. Kewirausahaan Syariah. Depok: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

J. Winardi, 2008. Entrepreneur dan Entreoreneurship. Jakarta: Kencana.

Kasiram, 2013. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mustafa, Ahmad. 1986. Tafsir al-Mara>ghi>. Beirut: Dar al-Fikr.

Quzwaini> (al), Muhammad bin Yazid, t.t. Sunan Ibnu Majah, Vol. 2. Beirut: Da>r al-Kutub al-Islamiyah.

Journal :

Abd. Rahman dan Basri Basir. 2019. “Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa”. Jurnal Economic Resources, No.1, 36.

Atiga Rahmad Safitra dan Fitri Yusman, 2018. “Pengaruh Desa Wisata Kandri terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Kandri Kota Semarang”. Jurnal Teknik PWK Vol. 3, No. 911.

Dwi Partiwi Kurniawati, dkk. t.t. “Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto”. Jurnal Administrasi Publik, No. 4, 9.

Firmansyah, Hairi. 2012. “Ketercapaian Indikator Keberdayaan Masyarakat dalam Program Pemberdayaan Fakir Miskin (P2FM) di Kota Banjarmasin”. Jurnal Agribis Perdesaan, No. 2, 174.

Firmansyah, Hairi. 2018. ”Tingkat Keberdayaan Masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tanah Laut”. Jurnal Agribisnis Perdesaan, No.1, 55.

Himawan, Adhitya. “Jokowi: Jumlah Entrepreneur di Indonesia Baru 3,01%” www.Suara.com diakses tanggal 5 April 2018.

Qodriyatin, Sri Nurhayati. 2013. “Peningkatan Kesejahteraan masyarakat Pesisir di Kota Batam Melalui Pemberdayaan Masyarakat”. Aspirasi, No.2, 95.

Rachmat, Muhammad. 2012. “Entrepreneur Sebagai Pilihan Karir Mahasiwa Maluku Utara: Peran Efikasi Diri dan Kepribadian” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 3, 187.

Rosni, 2017. “Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara)”. Jurnal Geografi, No.1, 57-58.

Ziauddin sardar dan Muhammad Nafik, 2016. “Kesejahteraan dalam Perspektif Islam pada Karyawan Bank Syariah”. Jurnal Ekonomi Syariah dan Terapan, No. 5, 394.

Data Kelurahan Desa Pakandangan Barat, 2017.

Data Kelurahan Desa Pakandangan Tengah, 2019.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO), 2017.

Published
2020-11-16
Section
Articles