PEMIKIRAN EKONOMI TAQIYUDDIN AN NABHANI

  • Zulaekah Zulaekah Jurusan Syariah dan Ekonomi STAIN Pamekasan, Jl. Raya Pahlawan Km. 04 Pamekasan
Abstract views: 1443 , PDF downloads: 497
Keywords: Taqiuddin an Nabhani, Ekonomi Islam

Abstract

Taqiyuddin an-Nabhani adalah seorang ulama, politikus dan tokoh berpengaruh yang berasal dari Palestina. Aktivitas politik merupakan aspek yang menonjol dalam kehidupannya. Hal ini menampakkan kecermatan dalam karya-karyanya. Ia juga banyak menelaah peristiwa-peristiwa politik, lalu mendalaminya dengan amat cermat, disertai pemahaman sempurna terhadap situasi-situasi politik dan ide-ide politik yang ada. Ia termasuk salah seorang pemikir dan politikus terulung pada abad XX. Ia mempunyai gagasan tentang Ekonomi Islam, beliau mengungkapkan bagaimana prinsip dasar ekonomi islam. Prinsip-prinsip dasar sistem ekonomi islam menurut Taqiyuddin an-Nabhani dijalankan atas asas kepemilikan, pemanfaatan pemilikan, dan konsep distribusi kekayaan yang hal ini akan sangat bertentangan apabila dihadapkan dengan kapitalisme dan sosialisme. Dalam konsep kepemilikan kapitalisme berpendapat bahwa kepemilikan pribadi sebagai prinsip dasarnya, sedangkan sosialisme mengakui kepemilikan kolektif sebagai prinsipnya. Lain halnya dalam sistem Islam mengakui tiga jenis kepemilikan (kepemilikan individu, kepemilikan umum, kepemilikan negara). Ia memahami Bahwa Islam bukan sebagai agama saja, tetapi sebuah ideologi, sistem yang termasuk didalamnya tentang negara. Islam sebagai sebuah ideologi mempunyai sistem kehidupan yang menyeluruh dalam semua aspek kehidupan, termasuk didalamnya sistem ekonomi. Sebagai sebuah sistem menuntut untuk diterapkan secara totalitas dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Qadim Zallum, Serangan Amerika untuk Menghancurkan Islam, terj. M. Al-Khaththath, Jakarta: Pustaka Thariqul Izzah, 1996

---------------------------, Sistem Keuangan di Negara Khalifah, Terj. Ahmad. S. dkk, Bogor: Pustaka Tariqul Izza, 2000.

Abdullah Abdul Husain at-Tariqi, Ekonomi Islam: Prinsip Dasar dan Tujuan, terj. M. Irfan, Yogyakarta: Magistra Insania, 2004.

Abul Hasan Bani Sadr, “Ekonomi Islam: Kepemilikan dan Ekonomi Tauhid” dalam Etika Ekonomi Politik: Elemen-elemen Strategis Pembangunan Masyarakat Islam, ed. Ainur. R. Sofhiaan ,Surabaya: Risalah Gusti, 1997.

Afzalur Rahman, Doktrin Ekonomi Islam, Jilid I,Jakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995..

Ahmad Muhammad Al-‘Assal dan Fathi Ahmad Abdul Karim, Sistem, Prinsip dan Tujuan Ekonomi Islam. Terj. Imam Saefudin, Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Bandingkan dengan Umer Carpra, Masa Depan Ilmu Ekonomi Sebuah Tinjauan Islam, Jakarta: Gema Insani Pres, 2001.

Hafiz Abdurrahman, Diskursus Islam Politik dan Spiritual ,Bogor: Al-Azhar Press, 2004.

Ihsan Samarah, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani: Meneropong Perjalanan Spiritual dan Dakwahnya Bogor: al-Azhar Press, 2003

Imamudin Yulidi, Ekonomi Islam Sebuah Pengantar .Yogyakarta: Lembaga Pegkajian dan Pengamalan Islam, 2001

Ismail Yusanto, Islam Ideologis Refleksi Cendekiawan Muslim .Bangil: Al-Izzah, 1998.

.

M. Husain Abdullah, Dirasah fi al-Fikri al-Islami ,Beirut: Daar al-Bayariq, 1990.

--------------------------, Mafahim Islamiyah ,Beirut: Dar al-Bayana, 1994.

M. Nejatullah Siddiqi, Role Of The State in The Economy: an Isalamic Perspective,United Kingdom: The Islamic Foundation, 1996

Mazori Majid, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Yusuf Relevansinya Dengan Ekonomi Kekinian .Yogyakarta: Pusat Studi Ekonomi Islam, 2003.

Monzer Kahf, Ekonomi Islam (The Islamic Economy: Analitical of he Functioning of the Islamic Economic system), alih bahasa Machsun Husen, Cet. I,Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1995.

Rifyal Ka’bah, Penegakan Syariat Islam di Indonesia, Jakarta: Khoirul Bayan, 2004.

Said Saad Marthon, Ekonomi Islam Ditengah Krisis Ekonomi Global,terj. Ahmat Ihram,Jakarta: Zikrul Hakim,2004.

Syamsuddin Ramadhan, Koreksi Total, Sosialisme – Komunisme Marhaenisme, ed. I ,Bogor: Al-Azhar Press, 2001

Taqiyuddin al-Nabhani, al-Nizam al-Iqtisadi fil Islam ,Beirut: Darul Ummah, 1990.

------------------------------, Mafahim Hizbut Tahrir .TK: Hizbut Tahrir, 2001.

--------------------------------, Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, terj. Maghfur,Surabaya; Risalah Gusti, 2002.

------------------------------, Al-Daulah al-Islamiyyah ,Beirut: Dar al-Ummah, 1994.

------------------------------, Nidham al-Islam, cet. 6 .al-Quds: Manshurat Hizab al-Tahrir, 2001.

Published
2014-11-28
Section
Articles