Strategi Pemasaran Produk Simpanan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BMT Mitra Muamalat Kudus

  • Fera Wahyuningsih Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Ishlahud Dimam Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Kharis Fadlullah Hana Institut Agama Islam Negeri Kudus
Abstract views: 933 , PDF downloads: 1044
Keywords: pemasaran, nasabah, simpanan

Abstract

Abstract:

This study was carried out with the aim of describing and analyzing the marketing strategy of savings products at the Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) financial institution Mitra Muamalat, Kudus City. The research method used is a type of qualitative research with data collection techniques through direct observation and interviews with several informants, namely managers, branch coordinators, account officers, and customers at BMT Mitra Muamalat Kudus. The results of this study indicate that each marketing strategy has its own advantages depending on the intended target market. The marketing strategy at BMT Mitra Muamalat Kudus which is considered effective in increasing the number of customers is "getok tular" or better known as word of mouth marketing activities. The recommendation from this study for the development of further research is that researchers can explore data sources in several BMTs to then be analyzed and compared with one another in order to get more concrete results regarding effective marketing strategies to increase the number of deposit customers at Baitul Maal Wat Tamwil (BMT).

 

Abstrak:

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi pemasaran produk simpanan pada lembaga keuangan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mitra Muamalat Kota Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi langsung dan proses wawancara terhadap beberapa informan yaitu manajer, koordinator cabang, account officer, serta nasabah di BMT Mitra Muamalat Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap strategi pemasaran memiliki keunggulan tersendiri tergantung pada target pasar yang dituju. Strategi pemasaran pada BMT Mitra Muamalat Kudus yang dinilai efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah “getok tular” atau lebih dikenal dengan Kegiatan pemasaran dari mulut ke mulut. Rekomendasi dari penelitian ini untuk pengembangan penelitian selanjutnya adalah supaya peneliti dapat menggali sumber data di beberapa BMT untuk kemudian dianalisis dan dibandingkan antara satu dengan yang lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih konkrit mengenai strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah simpanan pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Siti Nur, and Rachma Indrarini. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan Wadiah Pada USPPS BMT Sunan Drajat Tunggul Paciran Lamongan. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS). Vol. 1, No. 4 (2021): 363–77.

Febrianto, Teguh. Wawancara Pribadi. Selasa, 17 Mei 2022.

Halimah, Siti. Wawancara Pribadi, Selasa, 17 Mei 2022.

Hamid, Ah. Syafie dan Abd. Hamid. Strategi Pemasaran Tabungan Umum Syariah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Sidogiri Capem Waru Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekomadania. Vol.3, No.1 (2019): 1–25.

Lesatari, Ririn Indah. Manajemen Promosi Bmt Syahida Ikaluin Dalam Meningkatkan Keanggotaan Produk Simpanan Syahida. Mozaic : Islam Nusantara. Vol. 5, No. 2 (2019): 187–206.

Manan, Y M, and K N Azizah. Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani IB BSR Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa). Vol. 1, No. 2 (2021): 151–165.

Mensari, Rizki Dian, and Ahmad Dzikra. Islam Dan Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 3, No. 1 (2017): 239–256.

Musobih, Fatkhul, and Safitri Mukarromah. Tinjauan Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Produk Akad Mudharabah Di BMT Dana Mentari Karanglewas Purwokerto. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. Vol. 2, No. 1 (2019): 51.

Catatan Observasi. Kantor Pusat BMT Mitra Muamalat Kudus. Kamis, 12 Mei 2022.

Pangaila, Mega M, Silvya L Mandey, and Rudy S Wenas. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada PT. Pegadaian CP Manado Selatan). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol. 8, No. 04 (2020): 399–407.

Rosyidah & Moh. Nor Rofiq. Wawancara Pribadi. Sabtu, 14 Mei 2022.

Subekan, Arif. Wawancara Pribadi. Kamis, 12 Mei 2022.
Published
2022-11-04
Section
Articles