Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Generasi Z)

  • Naritsul Umma Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Rifda Nabila Universitas Islam Negeri Salatiga
Abstract views: 3651 , PDF downloads: 3081
Keywords: Online customer review, citra merek, religiusitas, keputusan pembelian, kepercayaan konsumen.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of online customer reviews, brand image and religiosity on purchasing decisions with consumer trust as an intervening variable (a case study of Generation Z Market Place Shopee ). This research is a quantitative study using primary data with a population of Generation Z Shopee . The sampling technique used non-probability sampling with a purposive sampling method  total of 100 respondents.The data was processed using SPSS for windows 25, the analytical method used the instrument test, classical assumption test, Sobel test and path analysis. Research results: 1) online customer reviews have no effect on purchasing decisions, 2) brand image has no effect on purchasing decisions, 3) religiosity hasa positive effect on purchasing decisions, 4) consumer trust has positive effect on purchasing decisions, 5) online customer reviews have no effect on consumer trust, 6) brand image has  positive effect on consumer trust, 7) religiosity has positive effect on consumer trust, 8) consumer trust cannot mediate online customer reviews on purchasing decisions, 9) consumer trust can mediate brand image on purchasing decisions, 10 ) consumer confidence can mediate religiosity on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39.

Aji, D. S. K., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2020). Analiis Pengaruh Religiosity, Service Quality dan Image Terhadap Customer Loyalty dengan Trust Sebagai mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(1), 78–94.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Akhyar, F. K. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi pada Japanese Food Restaurant di Magelang) No Title. SKRIPSI. Magelang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

Amin, M. A. (2019). Pengaruh Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Swalayan Basmalah Cabang Rembang Pasuruan Jawa Timur. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Andika, M. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Generasi Z di Kabupaten Maros). Universitas Hasanuddin.

Anisa, Y., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Islam, U., & Raden, N. (2017). Pengaruh Price , Online Customer Review , dan Islamic Branding terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Menurut Perspektif Bisnis Islam ( Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017 ).

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Bawono, A. (2006). Multivariate analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Danniswara, H. (2022). Pengaruh Online Customer Review Pada Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Malang.

Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shoppe.

Elsa, & Alamsyah, D. P. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Pandangan Kualitas Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada McDonald’s Bandung. Ecodemica, 1(1), 75–84. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/144

Fatmawati, D., Triastity, R., Sunarso, ), Program, ), Manajemen, S., Ekonomi, F., Slamet, U., & Surakarta, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(2), 317–329.

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company, 10. https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Industries/Consumer Packaged Goods/Our Insights/True Gen Generation Z and its implications for companies/Generation-Z-and-its-implication-for-companies.ashx

Ghaisani, F. A. P., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Website (Website Quality) Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Melalui Kepercayaan (E-Trust) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen e-Commerce Zalora.co.id Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 230–241.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 23.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edidi 9 (9th ed.).

Imamuddin, M. (2017). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Buktitinggi T.A 2016/2017. Ekonomika Syariah, 1(1), 34–47.

Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention? Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 86–102.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pt Paragon Tehnology and Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Luthfy, A., Ijie, A., & Santoso, S. B. (2019). Analisis Pengaruh Citra merekdan kuantitaf Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Sebagai variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Undip Pengguna Smartphone Sony). Diponegoro Journal of Management, 0(0), 120–129.

Maliyah, S. (2015). Pengaruh Citra Merek , Kepercayaan ( Trust ) dan Komitmen Management Siti Maliyah Universitas Ibnu Khaldun Email : s_maliyah@yahoo.com. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 9–21.

Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 163–175. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.535

Miatun, S. L., & Santoso, L. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Gaya Hidup Konsumen Muslim Di Ponorogo. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.36407/serambi.v2i2.181

Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of online reviews on consumer purchase behavior. Journal of Service Science and Management, 8(03), 419.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Natalia, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Saat Pandemi COVID-19 dengan Trust sebagai Variabel Interveing pada Masyarakat Milenial di Pontianak (Studi Kasus Pada Situs Belanja Online Shopee). Jurnal Manajemen Update, 10.

Ngadimen, A. N., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.134

Nita, L., Pasi, K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reivews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Nugroho, W. A., & Anwar, M. K. (2020). Hubungan Religiusitas Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Non Makanan Dan Minuman. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 13–25. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p13-25

Nurrachmi, I., & Setiawan, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Halal. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(2), 126–137. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i2.3521

Pakpahan, E., & Idris, I. (2022). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Citra Merek Terhadap Consumer Trust Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(6).

Prabowo, D. Y. (2022). Pengaruh Religiusitas, Digital Marketing dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Semarang).

Prasetyo, H., & Anitra, V. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kinerja Karyawan : Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Student Research, 2(1), 705–713.

Pratama Putra, D., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2021). Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Tokopedia. Bahtera Inovasi, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3800

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, VII(1), 25–29.

Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.

Sari, S. (2019). Pengaruh Kelompok Referensi, Online Customer Review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 45–80. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/985

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tri Palupi, R., & Ratmono. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeliandengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Gojek (Studi Pada Mahasiswa Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen, 1(1), 1–11.

Wahyudi, T. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 1. https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.33

Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Produk HNI-HPAI). Jurnal Manajemen Update, 9(1).

Waluyo, A., & Trishananto, Y. (2022). Customer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2). https://attractivejournal.com/index.php/bil

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.754

Published
2023-06-27
Section
Articles