PROBLEMATICS OF THE USE OF THE NAIL AMONG STUDENTS: A Study of the Perceptions of Lecturers at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sumatera Utara

  • Ahmad Darlis Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara, Medan
  • Winda Sari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara, Medan
  • Irma Sulistia Silaen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara, Medan
Abstract views: 19 ,
Keywords: Perguruan Tinggi Islam, Islamic Studies, Veil

Abstract

ABSTRACT

Research background: 1) more and more female students wear the veil. 2) negative stigma towards female students who wear the veil. 3) regulations regarding the veil during lectures are needed. 4) pros and cons regarding the veil during lectures. Research objectives: 1) to find out the lecturers' views about female students who wear the niqab in the lecture process. 2) to find out the positive and negative impacts of female students wearing the veil during the lecture process. The research method used in this research is qualitative. Research results: This perception includes views about the veil in general, positive and negative impacts, and attitudes towards female students who wear the veil, divided into two large groups. Some people feel that the veil does not need to be a problem. They must still be treated well.

Meanwhile, others perceive that female students who wear the veil during the lecture process are not good from an educational perspective. Because there are negative impacts whose consequences are quite fatal, namely the potential for cheating and fraud. Knowing the faces of female students is a must to avoid this. so there are lecturers who ask you to remove the veil personally.

 

ABSTRAK

Latar belakang penelitian: 1) semakin banyak mahasiswi bercadar. 2) stigma negatif terhadap mahasiswi bercadar. 3) dibutuhkan regulasi tentang cadar saat perkuliahan. 4 ) pro kontra tentang cadar saat perkuliahan. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pandangan dosen tentang mahasiswi bercadar dalam proses perkuliahan. 2) untuk mengetahui dampak positif dan negatif mahasiswi bercadar saat proses perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan di Fakultar Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumetera Utara.  Hasil penelitian: persepsi dosen tentang mahasiswi bercadar saat perkuliahan meliputi pandangan tentang cadar secara umum, dampak positif dan negatif, dan sikap terhadap mahasiswi bercadar, terbagi menjadi dua kelompok besar. Sebagian mempersepsikan hal tersebut merupakan bagian dari hak mahasiswi yang memakainya, sehingga tidak perlu dipermasalahkan. Mereka harus tetap disikapi dengan baik sama seperti mahasiswi lainnya. Selain itu, memakai cadar juga tidak berdampak negatif persepektif pendidikan. Sedangkan sebagian lainnya mempersepsikan mahasiswi yang bercadar saat proses perkuliahan kurang baik dari perspektif pendidikan. Karena terdapat dampak negatif yang konsekuensinya cukup fatal, yaitu berpotensi terjadi kecurangan dan penipuan. Mengenal wajah mahasiswi merupakan sebuah keharusan untuk menghindari hal tersebut. Oleh karena itu saat proses perkuliahan mesti ada treatment tertentu, yaitu dengan memohon untuk membuka cadarnya secara personal kepada dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. R. (2019). Burung Kecil yang Melihat Manusia dan Kehidupanyya. Lampung: Perahu Litera Group.
Ahmadi, M., Ustadi , H., Singgih, B., Siswanto , M., & Hayadin. (2019). Struktur kexucian, Hijrah dan Ruang Queer: Analisa terhadap Perilaku Mahasiswa Bercadar. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 17 (3), 216-227.
Al-Qaradhawi, Y. (1995). Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 2. Jakarta: Gema Insani.
Awy A, Q. (2015). Islam Q dan A: Dari Seks pada Rumah Tangga hingga Bohong pada Suami. Jakarta: Mizania.
Bagir, Z. A., & Jimmy, M. S. (2022). Politik Moderasi dan Kebebasan Beragama: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT Gramedia.
Fahmadya. (2022). Bercadar? No Problem. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Fahmi, D. (2021). Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Hadi, S. (2020). Pesan Bijak yang Maha Bijak. Serang: A-Empat.
Musyaffa', F. (2020). Jilbab Yes Niqob No. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Muthahhari, M. (2012). Cadar Tuhan: Duduk Perkara Hijab Perempuan. Jakarta: Penerbit Citra.
Nevid, J. S. (2009). Psychology: Consepts and Aplication 3rd edition Terjemah. 2021: Nusamedia.
Sarmadi, R. S. (2020). Haramkah Cadar? : Dinamika Pemahaman Pemakaian "Cadar" di Kampus. Yogyakarta: Gre Publishing.
Shihab, M. Q. (2012). Jilbab: Pakaian Wanita Muslimah: Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendikiawan Kontemporer. Tangerang: Lentera Hati.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan-Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, Dan Contoh Kuesioner. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Syuhud, A. F. (2022). Ahlussunnah Wal Jamaah: Islam Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai. Jawa Timur: Pustaka Alkhoirot.
Utami, A. B. (2019). Cadar Online. Jakarta: Journal Paramadina.
Wade, C., & Tavris, C. (Tanpa Tahun). Psikologi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wahyuni, P., Ade, I., & Syamsul, A. (2021). Perempuan dan Media Volume 1. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Yanti, F. (2021). Psikologi Komunikasi. Lampung: Agree Media Publishing
Published
2024-12-30
How to Cite
Ahmad Darlis, Winda Sari, and Irma Sulistia Silaen. 2024. “PROBLEMATICS OF THE USE OF THE NAIL AMONG STUDENTS: A Study of the Perceptions of Lecturers at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sumatera Utara”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 11 (1). Pamekasan, Indonesia, 73-102. https://doi.org/10.19105/islamuna.v11i1.10886.
Section
Articles