DINAMIKA PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI
Abstract views: 824
,
PDF downloads: 669
Keywords:
Kurikulum, Pendidikan Islam, Perguruan Tinggi
Abstract
Kurikum PAI di perguruan tinggi, baik PTKI maupun PTU mengalami dinamika sesuai dengan perubahan iklim politik.Perbedaan orientasi, visi dan misi sebuah rezim pemerintahan, akan berimplikasi pada muatan kurikulum PAI. Beberapa regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah mengukuhkan posisi PAI di perguruan tinggi, meskipun orientasi PAI disesuaikan dengan kebijakan politik pemerintah yang sedang berkuasa. Tujuan utama PAI di perguruan tinggi adalah menguasai ajaran agama Islam dan mampu menjadikannya sebagai sumber nilai dalam berperilaku serta menjadi “intellectual capital” yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt, berakhlak mulia dan berkepribadian Islami.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Azra, Azyumardi Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tangah Tantangan Milenium III Jakarta: Kencana, 2012.
Balitbang Depdiknas dalam http://puspendik.com dan Supriyadi dalam http://digilib.itb.ac.id/gdl (15April 216).
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik, Dan ImpelementasiBandung : Remaja Rosdakarya, 2002.
E. Mulyasa, Kurilum Tingkat Satuan pendidikan Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
Hamka,Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Pascapemerintahan Orde Baru, Jurnal Hunafa, vol. 6, No. 1 April 2009.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam Jakarta: Rajawai pers, 2011.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam Dari Paradiqma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.
Qomar, Mujamil Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Malang: Erlangga, 2002.
S. Nasution, Kurikulum &PengajaranBandung : Bumi Aksara, 1989.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasiona Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Balitbang Depdiknas dalam http://puspendik.com dan Supriyadi dalam http://digilib.itb.ac.id/gdl (15April 216).
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik, Dan ImpelementasiBandung : Remaja Rosdakarya, 2002.
E. Mulyasa, Kurilum Tingkat Satuan pendidikan Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
Hamka,Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Pascapemerintahan Orde Baru, Jurnal Hunafa, vol. 6, No. 1 April 2009.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Pemikiran Dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam Jakarta: Rajawai pers, 2011.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam Dari Paradiqma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.
Qomar, Mujamil Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Malang: Erlangga, 2002.
S. Nasution, Kurikulum &PengajaranBandung : Bumi Aksara, 1989.
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasiona Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Published
2016-12-31
How to Cite
Makki, Ismail. 2016. “DINAMIKA PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 3 (2). Pamekasan, Indonesia, 159-71. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i2.1150.
Issue
Section
Articles