Manajemen mutu madrasah ibtidaiyah Berbasis kearifan lokal di
Abstract views: 535
,
PDF downloads: 199
Keywords:
Manajemen mutu, kearifan lokal, Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
abstract: Problem utama kelembagan pendidikan Islam khususnya Madrasah Ibtidaiyah swasta di Kecamatan Proppo Pamekasan adalah standar pengelolaan masih belum memiliki renstra/RPS/RPM, dan budaya sekolah. Program pengabdian pendampingan manajemen mutu madrasah diarahkan pada penyelesaian problem kepemilikan dokumen rencana kegiatan madrasah sampai pada rencana strategis.Mengelola madrasah dengan pendekatan manajemen mutu adalah mengembangkan sekolah kearah keunggulan dengan memperhatikan perubahan seperti sarana dan prasarana, manajemen persekolahan, visi misi sekolah, dan profesionalisme guru. Model pendampingan ini difokuskan pada delapan standar pendidikan nasional...
Downloads
Download data is not yet available.
References
Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Pamekasan, Profil Kabupaten Pamekasan Tahun 2013.Pamekasan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan, 2013.
Fahrurrozi.Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam (Konsep dan Aplikasinya. Semarang: Pustaka Zaman, 2013.
Karimi, Y & Kadir, S. L. S. A. “The Impact of Organisational Culture on the Implementation of TQM: Empirical Study in the Iranian Oil Company” dalamAmerican Journal of Industrial and Business Management, 2012. (2): 205-216.
Muhaimin, et.al.Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah.Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Mulyati,Yati Siti dan Aan Komariah, “Manajemen Sekolah” dalam Manajemen Pendidikan.Bandung: Alfabeta, 2013.
Nick,Blanchard Pdan Thacker James W.Effective Training.New Jersey, Pearson Prentice Hall, 2004.
Robbin, P. S..Perilaku Organisasi, terj. Benyamin Molan. Jakarta: Indeks, 2006.
Rukmana,Ade dan Yati Siti Mulyati, “Pengelolaan Ssatuan Pendidikan” dalam Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan, 2005.
W. Gilley Jerrydan Eggland Seteven A., Pinciples of Human Resource Development. Maschusects, Addison-Wesley Publishing Company, Inc, 1989.
Winardi J. Manajemen Perubahan. Jakarta: Prenada Media Group, 2005.
Zainal, Veithzal Rivai dan Fauzi Bahar.Islamic Education Management dari Teori dan Praktek (Mengelola Pendidikan Secara Profesional dalam Perspektif Islam. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Zaltman, G. et.al.Creating Sosial Change.New York: Holt Rinehart and Wiston Inc. 1972.
Fahrurrozi.Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam (Konsep dan Aplikasinya. Semarang: Pustaka Zaman, 2013.
Karimi, Y & Kadir, S. L. S. A. “The Impact of Organisational Culture on the Implementation of TQM: Empirical Study in the Iranian Oil Company” dalamAmerican Journal of Industrial and Business Management, 2012. (2): 205-216.
Muhaimin, et.al.Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah.Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Mulyati,Yati Siti dan Aan Komariah, “Manajemen Sekolah” dalam Manajemen Pendidikan.Bandung: Alfabeta, 2013.
Nick,Blanchard Pdan Thacker James W.Effective Training.New Jersey, Pearson Prentice Hall, 2004.
Robbin, P. S..Perilaku Organisasi, terj. Benyamin Molan. Jakarta: Indeks, 2006.
Rukmana,Ade dan Yati Siti Mulyati, “Pengelolaan Ssatuan Pendidikan” dalam Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan, 2005.
W. Gilley Jerrydan Eggland Seteven A., Pinciples of Human Resource Development. Maschusects, Addison-Wesley Publishing Company, Inc, 1989.
Winardi J. Manajemen Perubahan. Jakarta: Prenada Media Group, 2005.
Zainal, Veithzal Rivai dan Fauzi Bahar.Islamic Education Management dari Teori dan Praktek (Mengelola Pendidikan Secara Profesional dalam Perspektif Islam. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Zaltman, G. et.al.Creating Sosial Change.New York: Holt Rinehart and Wiston Inc. 1972.
Published
2016-12-31
How to Cite
Hadi, Saiful. 2016. “Manajemen Mutu Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Kearifan Lokal Di”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 3 (2). Pamekasan, Indonesia, 172-94. https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i2.1151.
Issue
Section
Articles