MADIN PROGRAM FOR STUDENTS AS A TRANSFORMATIVE ISLAMIC EDUCATION MODEL FOR AGAINST RADICALISM AND TERRORISM
Abstract
ABSTRACT
This research examines the implementation of the Madrasah Diniyah program at UIN Satu Tulungagung as a model of Transformative Islamic education to prevent radicalism and terrorism. It used a qualitative approach, focusing on paradigms, strategies, and qualitative models. The grand theory of this study is Berkowitz's "holistic approach" which highlighting that effective character education involves transforming school culture and life, rather than just adding programs. This Madin program is unique following the curriculum that focused on Turats or kitab kuning (literally kitab kuning that refers to classical Islamic textbook) Its implementation do not always run well, sometimes there are some challenges can impede the process. Madin lecturers at UIN Satu Tulungagung faces various obstacles both direct and indirect that affect the execution of radicalism prevention strategies. The MADIN (Madrasah Diniyah) program implementation has had significant results in countering radicalism and terrorism on the campus. It combines traditional religious teachings with modern approaches that have proven effective.
ABSTRAK
Artikel ini menganalisis dan memberikan interpretasi terkait penerapan program Madrasah Diniyah khusus mahasiswa sebagai model pendidikan Islam Transformatif untuk melawan radikalisme dan terorisme di UIN Satu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang temuannya diperoleh berdasarkan paradigma, strategi, dan penerapan model secara kualitatif. Grand teori penelitian ini adalah “pendekatan holistik” Berkowitz, yang menekankan bahwa pendidikan karakter yang efektif bukanlah menambah program atau serangkaian program. Melainkan merupakan transformasi budaya dan kehidupan sekolah. Pembelajaran program Madrasah Diniyah di UIN Satu Tulungagung yang menggunakan jenis organisasi kurikulum tersendiri merupakan jenis pembelajaran yang berpusat pada Turats atau kitab kuning yaitu program Madrasah Diniyah. Penerapan strategi pencegahan radikalisme terkadang berjalan mulus dan sesuai rencana. Terkadang memang sesuai dengan yang diharapkan, namun seringkali ditemui hal-hal yang dapat menghambat pelaksanaan proses tersebut. Lebih lanjut dosen Madin menyadari banyak faktor yang menjadi kendala baik langsung maupun tidak langsung yang mempengaruhi penerapan strategi pencegahan radikalisme di UIN Satu Tulungagung.
Downloads
References
Amin, M. Mansyur. 2019. Teologi Pembangunan, Paradigma Baru Pemikiran Islam. Yogyakarta: LKPSM NU DIY.
Amin. 2014. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.
Aminudin. 2019. Tujuan, Strategi dan Model dalam Penelitian Kualitatif, (dalam Metodologi Penelitian Kualitatif : Tinjauan Teoritis dan Praktis). Malang : Lembaga Penelitian UNISMA.
Asrori, Ahmad. 2015. Radikalisme di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropisitas, Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. 9(2).
Azra, Azyumardi. 2019. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Bruinessen, Martin van. 2019. NU, Tradisi, Relasi Kuasa dan Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LKiS.
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Aktualisasi Metode arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Donald, Frederick J. Mc. 2018. Educational Pshycology. San Francisco: Wadsworth Publishin Company, INC.
Freire, Paulo. 2007. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
Freire, Paulo. 2016. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: Gramedia.
Huberman, Matthew B. Miles dan A. Michael. 2012. Analisis Data Kualitatif. Tjejep Rohendi Rohidi “Terj”. Jakarta: Universitas Indonesia.
Illich, Ivan. 2020. Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah. Jakarta: YOI.
Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2012. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Muhammad Aziz Hakim. 2017. Moderasi Islam: Deradikalisasi, Deideologisasi dan Kontribusi untuk NKRI. Tulungagung, UIN Satu Tulungagung Press.
Rais, Amien. 2016. Islam di Indonesia, Sebuah Ikhtiar Mengaca Diri. Jakarta: Rajawali Pers.
Reimer, Everet. 2020. Sekitar Eksistensi Sekolah. Yogyakarta: Hanindita.
RI, Kementerian Agama. 2020. Pedoman penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Depag.
Ridla, Muhammad Jawwad. 2013. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sujdana, Nana. 2018. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.
Thomas Lickona. 2020. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jogja: Bumi Aksara.