AN ISLAMIC PERSPECTIVE ON E-SPORT COMPETITION
Abstract
ABSTRACT
This paper focuses on the study of a phenomenon that has just emerged due to the rapid development of technology, namely the e-sport competition which is much favored by millennials. The purpose of this study is to analyze how the law of e-sport competition is viewed from the arguments of the Al-Qur'an and Hadits, and how the law of the professional player profession, as well as maqashid sharia stipulation of a law. This research is a type of qualitative research whose data sources come from primary data sources through direct interviews with one of the professional players, and secondary data sources through studies of various literature such as books, articles in journals, and others. The results of this study indicate that: First, e-sport competitions are included in prize competitions that are forbidden in Islam because they have violated all the provisions contained in the Al-Qur'an and Hadith. Second, with the prohibition of e-sport competition, it will have implications for the law of the professional player profession which causes it to become an unlawful profession. Third maqashid sharia regarding the determination of a law is to protect and maintain the needs that are essential for humans, namely: religion, soul, mind, offspring, and property. So that this research makes an important contribution to the development of contemporary fiqh and Islamic law studies that are relevant to new phenomena in the digital era related to e-sport competitions.
ABSTRAK
Tulisan ini berfokus pada kajian mengenai fenomena yang baru muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi yaitu tentang kompetisi e-sport yang banyak digemari oleh kalangan milenial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana hukum kompetisi e-sport ditinjau dari dalil Al-Qur’an dan Hadits, dan bagaimana hukum profesi professional player, serta maqashid shariah penetapan suatu hukum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang sumber datanya berasal dari sumber data primer malalui wawancara secara langsung kepada salah satu professional player, dan sumber data sekunder melalui kajian dari berbagai literatur seperti buku, artikel dalam jurnal, dan lain-lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kompetisi e-sport termasuk ke dalam kompetisi berhadiah yang diharamkan dalam Islam karena telah melanggar semua ketentuan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits. Kedua, dengan diharamkannya kompetisi e-sport maka akan berimplikasi kepada hukum profesi professional player yang menyebabkannya menjadi profesi yang bathil. Ketiga maqashid shariahmengenai penetapan suatu hukum adalah untuk menjaga dan memelihara kebutuhan yang sifat nya esensial bagi manusia yaitu: agama, jiwa, akal, keturunan, beserta harta. Sehingga penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan kajian fikih dan hukum Islam kontemporer yang relevan dengan fenomena baru di era digital terkait kompetisi e-sport.
Downloads
References
Abdullah, Mohd Yusra, Mohd Ashrof Zaki Yaakob, Azri Bhari, Mahyuddin Khalid, and Mohd Faiz Mohamed Yusof. “E-SPORTS (ELECTRONIC SPORTS) FROM ISLAMIC PERSPECTIVE.” International Research Journal of Shariah, Muamalat and Islam 4, no. 10 (2022). https://doi.org/10.35631/irjsmi.410001.
Al-Qur’an QS. Al-Ma’un/107: 5. Bandung: Insan Kamil, 2011.
Al-Qur’an QS. Al-Maidah/5:90. Bandung: Insan Kamil, 2011.
Al-Qur’an QS.Al-Ma’un/107: 4. Bandung: Insan Kamil, 2011.
Baehaqi, I. “Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam.” Annual Conference on Islamic Education and Thought I, no. I (2020): 76. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/609.
Eliwatis, Eliwatis, Rusydi Rusydi, Charles Charles, Romi Maimori, and Susi Herawati. “The Concept Of Physical Education and Its Integration With Mental Health According to The Qur’An and Hadith.” AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama 4, no. 2 (2022): 152. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/agenda/article/view/7871/3101.
Fadhillah Adetia Lubis. “Pemberian Hadiah Pada Turnamen Game Mobile Legends Perspektif Yusuf Al - Qardhawi.” Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020. http://etheses.uin-malang.ac.id/23683/.
Fariani, Dian, Zarul Arifin, and Asman Asman. “PRAKTIK PERLOMBAAN KICAU BURUNG DENGAN MERGER HADIAH DAN SINKRONISASI BIAYA TIKET PENDAFTARAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.” AL-SULTHANIYAH 10, no. 2 (2021): 17. https://doi.org/10.37567/al-sulthaniyah.v10i2.833.
Fawaid, Muhammad Wildan. “Pengaruh Harta Halal Dan Haram Pada Umat.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 1, no. 2 (2016).
Fitri, Rahmida, and Indah Muliati. “Dampak Negatif Game Online Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Remaja Di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.” AS-SABIQUN 4, no. 5 (2022): 1173. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2220.
Gabriella, Muthia, Salati Asmahasanah, and Kamalludin Kamalludin. “PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS IBADAH SHALAT SISWA.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 3 (2022): 234. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7339.
Ghulam, Zainil. “Implementasi Maqashid Syariah Dalam Koperasi Syariah.” Iqtishoduna 5, no. 1 (2016). https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/85.
Hidayat, Nur Irfan. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hadiah Pertandingan Futsal Yang Berasal Dari Uang Pendaftaran (Studi Kasus Di Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Syariah Dan Hukum).” Journal of Chemical Information and Modeling. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekan Barui, 2019. https://repository.uin-suska.ac.id/23790/.
Husin, B. “Mencermati Hakekat Harta Menurut Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Manajemen STEI 1, no. 1 (2018): 25–26. https://www.ejournal.stei.ac.id/index.php/ManajemenSTEI/article/view/918.
Indro, Indro, and Andi Surya Kurnia. “E-SPORT ARENA RESPON DARI KEBUTUHAN KAUM MILENIAL.” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa) 1, no. 2 (2019): 914. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4351.
Kurniawan, Faidillah. “E-Sport Dalam Fenomena Olahraga Kekinian.” Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi) 15, no. 2 (2019): 65. https://doi.org/10.21831/jorpres.v15i2.29509.
Manda, Akhmad Ashari, and Musyfikah Ilyas. “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP GAME ONLINE MOBILE LEGENDS SEBAGAI PENINGKAT EKONOMI MASYARAKAT.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 4 (2022): 225. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/27324.
Mufid. FILSAFAT HUKUM EKONOMI SYARIAH. jakarta: KENCANA, 2021.
Munir, N S. “Faktor Sukses Kritis Bisnis Pengelola Team Profesional E-Sports.” Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Logistik … 1, no. 4 (2023): 631. https://ciptakind-publisher.com/jumati/index.php/ojs/article/view/72.
Nisrinafatin. “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.” Jurnal Edukasi Non Formal 1, no. 1 (2020): 121. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/427.
Nufiar, and Muhammad Akbar. “Penjualan Hewan Yang Haram Dikonsumsi Untuk Bahan Baku Obat-Obatan.” HEI EMA : Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.61393/heiema.v1i1.10.
Persada, Yudha Bela, and Ranu Baskora Aji Putra. “Kajian Referensi E-Sport Dalam Ranah Olahraga.” Indonesian Journal for Physical Education and Sport 1, no. 2 (2020): 591. https://journal.unnes.ac.id/sju/inapes/article/view/42690.
Rafsanjani, Haqiqi. “Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah.” Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 2 (2016): 31. https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/763.
Rahayu, Evi. “Permainan Game Online Aplikasi Higgs Domino Island Ditinjau Dari Pendapat Hukum Mahzab Syafi’i.” Repository UIN Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021. http://repository.uinsu.ac.id/10304/.
Reynaldi, Akhmad, Muh Jamal Amin, and Muhammad Hairul Saleh. “Pembinaan Atlet E-Sport Oleh IeSPA (Indonesian E-Sport Assosiaction) Samarinda Development of ESport Athletes by IeSPA (Indonesia ESport Association) Samarinda.” Jurnal Ilmu Pemerintahan 9, no. 4 (2021). https://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/jip/article/view/907.
Setiawati, Octa Reni, and Agin Gunado. “PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMP YANG BERMAIN GAME ONLINE.” Jurnal Psikologi Malahayati 1, no. 1 (2019): 33. https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1413.
Tarmizi, Erwandi. HARTA HARAM MUAMALAT KONTEMPORER. Bogor: P.T. Berkat Mulia Insani, 2022.
Wahyuni, Dinar. “TANTANGAN DAN PELUANG ESPORTS DALAM KEOLAHRAGAAN NASIONAL.” Kajian 25, no. 4 (2020): 345. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/3906.