TINJAUAN KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA PERSPEKTIF PERADABAN ISLAM
Abstract views: 340
,
PDF downloads: 6085
PDF downloads: 6545
Keywords:
Tinjauan Kritis, Pendidikan Karakter, Peradaban Islam.
Abstract
Pendidikan karakter merupakan kunci utama suksesnya sebuah pendidikan yang dilakukan oleh sebuah bangsa. Setiap bangsa memiliki pendidikan karakter yang khas sejalan dengan cara pandang berbeda dengan bangsa-bangsa lain dalam memberikan makna. Bangsa Indonesia harus memiliki konsep tersendiri tentang makna pendidikan karakter. Indonesia sebagai negara mayoritas muslim perlu melihat sejarah kejayaan Islam dalam membangun peradabannya. Dominasi ilmu menjadi warisan utama Islam dalam membangun masyarakat yang mulia, memiliki good moralistic dan intelligent quotien serta mampu berfikir kritis terhadap konsep-konsep yang tidak sesuai dengan karakter bangsa. Pendidikan karakter Indonesia harus dimaknai ulang sesuai dengan amanat undang-undang yang menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang denokrais serta bertanggungjawab. Dalam kajian ini penulis menggunakan literature studies untuk membandingkan konsep pendidikan karakter yang selama ini dijadikan patokan pemerintah dengan pendidikan karakter masa peradaban Islam berjaya. Sehingga komparasi yang diperoleh mampu menjadikan patokan bagi lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dalam penerapan pendidikan karakter bagi anak didiknya, maka akan tercapai tujuan pendidikan Nasional.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Buku
UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bab I Pasal I.
Undang-Undang Perlindungan Anak, No. 23 Th. 2002
A., Doni Koesoema. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.
Erik J. Wielenberg. Value and Virtue in A Godless Universe. Cambridge: University Press, 2005.
Kholili Hasib. Membangun Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Adab. Ponorogo: Gontor Press, 2016.
Adian Husaini. Mewujudkan Indonesia Adil dan Beradab.Surabaya: Bina Qolam Indonesia, 2015.
Wan Mohd wan Daud. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.Naquib al Attas. Bandung: Mizan, 2003.
Syed Muhammad Naquib al-Attas. Risalah untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.
Prof.Dr. Raghib As Sirjany. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka al Kautsar, 2012.
Jurnal
Gustia Tahir, dalam jurnal Adabiyah ”Sinergitas Ilmu dan Adab Dalam Perspektif Islam” vol. XV nomor I (2015).
Dr. Erma Pawitasari, dalam jurnal Islamia, ”Problematika Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam” vol. IX, nomor 1. 2014.
Marzuki, dalam jurnal Pendidikan Karakter, ”Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah” Tahun 2012.
Internet
https://insists.id/makna-adab-dalam-perspektif-pendidikan-islam-2/ diakses 23 oktober 2017
Kompas. www. http://internasional.kompas.com. Dipetik 28 oktober 2017
UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Bab I Pasal I.
Undang-Undang Perlindungan Anak, No. 23 Th. 2002
A., Doni Koesoema. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.
Erik J. Wielenberg. Value and Virtue in A Godless Universe. Cambridge: University Press, 2005.
Kholili Hasib. Membangun Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Adab. Ponorogo: Gontor Press, 2016.
Adian Husaini. Mewujudkan Indonesia Adil dan Beradab.Surabaya: Bina Qolam Indonesia, 2015.
Wan Mohd wan Daud. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.Naquib al Attas. Bandung: Mizan, 2003.
Syed Muhammad Naquib al-Attas. Risalah untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.
Prof.Dr. Raghib As Sirjany. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka al Kautsar, 2012.
Jurnal
Gustia Tahir, dalam jurnal Adabiyah ”Sinergitas Ilmu dan Adab Dalam Perspektif Islam” vol. XV nomor I (2015).
Dr. Erma Pawitasari, dalam jurnal Islamia, ”Problematika Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam” vol. IX, nomor 1. 2014.
Marzuki, dalam jurnal Pendidikan Karakter, ”Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah” Tahun 2012.
Internet
https://insists.id/makna-adab-dalam-perspektif-pendidikan-islam-2/ diakses 23 oktober 2017
Kompas. www. http://internasional.kompas.com. Dipetik 28 oktober 2017
Published
2017-12-31
How to Cite
Saleh, Akhmad Hasan. 2017. “TINJAUAN KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA PERSPEKTIF PERADABAN ISLAM”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 4 (2). Pamekasan, Indonesia, 276-89. https://doi.org/10.19105/islamuna.v4i2.1591.
Issue
Section
Articles