PENDIDIKAN TRANSFORMATIF
Abstract views: 1853
,
PDF downloads: 1309
Keywords:
Pendidikan Transformatif, Etika Belajar, Santri, Pesantren.
Abstract
Pendidikan transformatif adalah sebuah pendidikan yang menekankan adanya perubahan perilaku santri kearah yang positif. Syeikh Burhanuddin al-Zarnujy dalam kitabnya Ta’līm al-Muta’alim Tharīq al-Ta’alum mengingatkan bahwa dalam menuntut ilmu harus memperhatikan beberapa tradisi yang memiliki pengaruh besar pada keberhasilan suatu proses pendidikan yang dijalani, yaitu: niat, sabar, musyawarah serta memilih guru dan teman. Puncak akhir dari pendidikan transformatif ialah menjadi pribadi yang berakhlak yang baik serta bermanfaat bagi sesama manusia. Sehingga, konsep pendidikan yang semacam itu akan melahirkan para generasi yang dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi kehidupan sosial bangsa dan negara.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Al-Ashfahany. Ar-Raghib. Mu’jamu Mufrodati Alfadhi al-Quran.Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2013.
Al-Zarnujy, Syeikh Burhanuddin. Ta’līm al-Muta’alim Tharīq al-Ta’allum. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2012.
Bahruddin, Ahmad. Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: LkiS, 2009.
Djauhari, Muhammad Tidjani. Masa Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan. Jakarta: TAJ Publishing, 2008.
Fakih, Mansour et.al. Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis.Yogyakarta: ReaD Books, 2001.
Freire, Paulo. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: PT Gramedia, 1984.
Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana, 2011.
Nufrianto, Sulung. The Golden Teacher.Bandung: Lingkar Pena.
Prasetyo, Eko. 2009.Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book, 2008.
Saleh, Muwafik. Belajar dengan Hati Nurani.Jakarta: Erlangga, 2011.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Syair, Syarwini. Sekolah Asal-asalan: Mengurai Problematika Sekolah Kita, dalam Buletin Peara ‘Jhatmika’, edisi perdana: Muharram 1431 H.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi.Yogyakarta: LKiS, 2010.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Al-Zarnujy, Syeikh Burhanuddin. Ta’līm al-Muta’alim Tharīq al-Ta’allum. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2012.
Bahruddin, Ahmad. Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: LkiS, 2009.
Djauhari, Muhammad Tidjani. Masa Depan Pesantren: Agenda yang Belum Terselesaikan. Jakarta: TAJ Publishing, 2008.
Fakih, Mansour et.al. Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis.Yogyakarta: ReaD Books, 2001.
Freire, Paulo. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: PT Gramedia, 1984.
Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana, 2011.
Nufrianto, Sulung. The Golden Teacher.Bandung: Lingkar Pena.
Prasetyo, Eko. 2009.Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book, 2008.
Saleh, Muwafik. Belajar dengan Hati Nurani.Jakarta: Erlangga, 2011.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Syair, Syarwini. Sekolah Asal-asalan: Mengurai Problematika Sekolah Kita, dalam Buletin Peara ‘Jhatmika’, edisi perdana: Muharram 1431 H.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi.Yogyakarta: LKiS, 2010.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Published
2017-12-31
How to Cite
Dawiyatun, Dawiyatun. 2017. “PENDIDIKAN TRANSFORMATIF”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 4 (2). Pamekasan, Indonesia, 290-303. https://doi.org/10.19105/islamuna.v4i2.1592.
Issue
Section
Articles