TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran
Abstract
Teori belajar Humanistik merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada memanusiakan siswa, dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan siswa dalam belajar. Tulisan ini berupaya menelaah paradigm pembelajaran humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang meliputi materi/sub meteri akidah, al-Qur’an Hadith, Fiqh, Akhlak Tasawwuf dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam Pendidikan Agama Islam teori belajar humanisme bisa digunakan sebagai cara untuk menyampaikan materi PAI. Penarapan teori belajar humanistik dalam materi PAI dapat dilakukan dengan memberikan alasan-alasan (bukti-bukti) rasional terhadap ajaran Islam, memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis, kreatif terhadap materi PAI yang disampaikan, menghubungkan materi PAI dengan dunia nyata siswa. Strategi pembelajaran PAI sebagai aplikasi teori humanistik dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan, koperatif, kontekstual, dan inquiry- discovery.
Downloads
References
Abrâshî, Muhammad Âthyah al, tt. Rûh al-Tarbiyah wa al- ta’lîm. Saudi Arabiya: Dar al Ahya’,
Abuddin Nata, Abuddin, 2004, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet. I,.
al-Attâs, Muhammad Naquib, 1988 Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung: Mizan.
Dakir, 1993, Dasar-dasar Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan, 2010 & Khairil, Psikologi Pendidikan (Dalam Persepektif Baru).Bandung: Alfabeta.
Desmita, 2012, Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati & Mudjiono, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Renika Cipta.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani, 2004, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gradindo.
Hamalik, Oemar, 2013, Dasar-dasar pengembangan kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung: Gaung Persada Press
Jahja, Yudrik, 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana.
Jalal, Abdul Fattah, 1988, Azas-Azas Pendidikan Islam, ter. Henry Noer Ali, (Bandung: Diponegoro,
LN, Syamsu Yusuf & Juntika Nurihsan, 2011, Teori Kepribadian, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Makmun Abin Syamsuddin, 2004, Psikologi Kependidikan, Bandung Remaja Rosdakarya,
Muhaimin, 2003, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Ningsih, Asri Budi, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,.
Nizar, Samsul , 2001,Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Media Pratama,
Prakoso, R. Agung Suryo & Latifatul Choir, 2009, Teori Humanisme, (Universitas Negeri Malang, Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Psikologi.
Ridla, Muhammad Rasyid , 1373H, Tafsîr al Manâr, Kairo; Dar al Manar.
Sagala, Syaiful, 2004, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Sumanto, Wasti, 1998.Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineke Cipta,
Suryosubroto, 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah (Jakarta:PT RINEKA CIPTA.
Syah, Muhibbin, 2014, Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru, Bandaung; PT Remaja Rosdakarya.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2011, Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Uno, Hamzah B. 2006, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Warsita, Bambang, 2008, Teknologi pembelajaran, Jakarta, Renika Cipta,
Zainiyati, Husniyatul Salamah, 2010, Model dan strategi Pembelajaran aktif : Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Putra Media Nusantara,
Zuchdi, Darmiyati, 2009, Humanisasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.