PROSES BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZÂLÎ: Studi Kitab Ayyuhâ al-Walad

  • M. Mukorrobin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Fattah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 232 , PDF downloads: 172

Abstract

The learning process in al-Ghazâlî's perspective, known as “rabbânî al-ummah” (community educator), is good to be used as a benchmark for the success of learning processes and supporting factors for the success of the learning process, especially if compared with other educational thinkers to be relevant to education in globalization era. This research is a library research using a descriptive-qualitative and analytical-critical approach to Ayyuhâ al-Walad by al-Ghazâlî about the learning process. This research succeeded in revealing the learning process in the perspective of al-Ghazâlî in Ayyuhâ al-Walad is a series of theocentric learning processes, which are different from Western perspectives that are anthropocentric, so that learning is considered valuable if the goal is to get closer to God and motivation in learning in order to revive the sharia of the Prophet and subdue lust.

[Proses belajar dalam perspektif al-Ghazâlî, yang dikenal dengan “rabbânî al-ummah” (pendidik umat), baik untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan proses belajar dan faktor penunjang keberhasilan proses belajar yang tepat, terutama jika dikomparasikan dengan para pemikir pendidikan lain agar relevan dengan pendidikan era globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dan analitis-kritis terhadap Ayyuhâ al-Walad karya al-Ghazâlî tentang proses belajar. Penelitian ini berhasil mengungkap proses belajar dalam perspektif al-Ghazâlî dalam Ayyuhâ al-Walad adalah rangkaian proses belajar yang bersifat teosentris, yang berbeda dengan perspektif Barat yang bersifat antroponsentris, sehingga belajar yang dianggap bernilai bila tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah serta motivasi dalam belajar demi menghidupkan syariat Nabi dan menundukkan hawa nafsu]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Mukorrobin, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pendidikan Agama Islam
Abdul Fattah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pendidikan Agama Islam

References

Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: Jabal.

Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran, terj. Abdillah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional.

Ghazâlî, Abû Hâmid (al-). n.d. Ayyuhâ al-Walad. Indonesia: al-Haramain.

______, Abû Hâmid (al-). 1995. Ihyâ’ 'Ulûm al-Dîn. Beirut: Dâr al-Fikrah.

Ghazâlî, Muhammad (al-). n.d. Khuluq al-Muslim. Beirut: al-Ittihâd al-Islâmî al-'Âlamî.

Haddad, Abdullah (al-). 2012. Nasehat-nasehat Ilmiah dan Pokok-pokok Hikmah, terj. Achmad Sunarto. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Hanafy, Muh Sain. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran,” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17 (1): 66–79, https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Haq, Muhammad Zaairul. 2013. Tasawuf Semar hingga Bagong: Simbol, Makna, dan Ajaran Makrifat dalam Panakawan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Hermawan, Asep. 2017. “Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali.” QATHRUNÂ, 1 (1): 84–98.

Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Pustaka Pelajar.

Kinânî, Ibn Jamâ'ah (al-). 2012. Tadhkirat al-Sâmi' wa al-Mutakallim fî Âdâb al-'Âlim wa al-Muta'allim. Beirut: Dâr al-Bashâ’ir al-Islâmîyah.

Mahfani, M. Khalilurrahman (al-). 2008. Berkah Shalat Dhuha. Jakarta: Kawah Media.

Muhaimin, Abdul Ghafir, dan Nur Ali. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Citra Media Karya Anak Bangsa.

Shawkânî, Muhammad ‘Alî (al-). 2006. Âdâb al-Tullâb wa Muntahâ al-Arab. Beirut: al-Anâwîn al-Raysîyah.

Shihab, M. Quraish. 2007. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, vol. 5. Jakarta: Lentera Hati.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soejono, Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

____, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utsaimin, Ibn. 2017. Akhlak Pencari Ilmu, terj. Nurdin Nurdin. Jakarta: Akbar Media.

Zamakhsharî, Abû al-Qâsim (al-). 2013. Tafsîr al-Kasshâf. Beirut: al-Ma'rifah.

Zarnûjî, Burhân al-Dîn (al-). n.d. Ta'lîm al-Muta'alim wa Tarîq al-Ta'allum. Surabaya: al-Hidayah.

Published
2019-06-20
How to Cite
Mukorrobin, M., and Abdul Fattah. 2019. “PROSES BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZÂLÎ: Studi Kitab Ayyuhâ Al-Walad”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 6 (1). Pamekasan, Indonesia, 1-18. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2201.
Section
Articles