RELASI ANAK, MEDIA SOSIAL, DAN PEMBENTUKAN KARAKTER: Studi Kasus Madrasah Ibtidaiah dan Sekolah Dasar di Surabaya dan Gresik

  • Heni Listiana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pamekasan, Indonesia
Abstract views: 297 , PDF downloads: 585
Untitled downloads: 0
Keywords: Social media, children, character building

Abstract

Social media is closely related to human life today, especially the life of children so that it influences their character formation. This research focuses on the relationship between children, social media, and the formation of children’s character. In times of growth, children need good stimulation to build good character. At present, santris or students of Madrasah Ibtidaiah (MI) and Elementary School (SD) have known and are familiar with social media. To prevent the adverse effects of social media, it takes an effort to keep them from the negative effects of social media. By using the quantitative method that extracts the data is done by questionnaire method on 52 santris or students from Surabaya and Gresik as respondents, this study analyzes children’s relationships, social media, and character formation. This study succeeded in revealing that social media has a negative impact on the formation of the character of santris or students, so parents must play an active role in monitoring them so that they can minimize the negative impact on their character formation.

[Media sosial terkait erat dengan kehidupan manusia saat ini, terutama kehidupan anak sehingga memengaruhi pembentukan karakter mereka. Penelitian ini fokus pada hubungan antara anak, media sosial, dan pembentukan karakter anak. Dalam masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan rangsangan yang baik untuk membangun karakter yang baik. Saat ini, santri atau siswa/i Madrasah Ibtidaiah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) telah mengetahui dan akrab dengan media sosial. Untuk mencegah efek buruk media sosial, dibutuhkan suatu usaha untuk menjaga mereka dari dampak negatif media sosial. Dengan menggunakan metode kuantitatif yang penggalian datanya dilakukan dengan metode kuisioner terhadap 52 santri atau siswa/i dari Surabaya dan Gresik sebagai responden, penelitian ini menganalisis hubungan anak, media sosial, dan pembentukan karakter. Penelitian ini berhasil mengungkap bahwa media sosial berdampak negatif terhadap pembentukan karakter santri atau siswa/i, sehingga orang tua harus berperan aktif mengawasi mereka sehingga dapat meminimalisasi dampak negatifnya terhadap pembentukan karakter mereka

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heni Listiana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pamekasan, Indonesia
Tarbiyah

References

Arifin, Zaenal. 2002. Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Semarang: Gama Media.

Astuti, Siti Irene. 2010. “Pendekatan Holistik dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia.” Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1 (3): 41, https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.234

Eliasa, Eva Imania. “Pentingnya Kelekatan Orangtua dalam Internal Working Model untuk Pembentukan Karakter Anak (Kajian Berdasarkan Teori Kelekatan dari John Bowlby),” dalam Karakter sebagai Saripati Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: Inti Media Yogyakarta Bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Hyoscyamina, Endah Darosy. 2012. “Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak,” Jurnal Psikologi, 10 (2): 124, https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152

Maryatun, Ika Budi. 2013. “Peran Pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak,” Jurnal Pendidikan Anak, 5 (1): 749, https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Permono, Hendarti. 2013. “Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini,” dalam Prosiding Seminar Parenting. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, http://hdl.handle.net/11617/3994

Raharjo, Sabar Budi. 2010. “Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (3): 230, http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v16i3.456

Rosmiati, Ana. 2014. “Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Lirik Lagu Dolanan,” Resital: Journal of Performing Arts, 15 (1): 71, https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801

Setiawan, Deny. 2013. “Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral,” Jurnal Pendidikan Karakter, 1, https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Siswanto, Tito. 2013. “Optimalisasi Media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah,” Jurnal Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2 (1): 80, https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Suyata, et. al. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Utama, A.M. Bandi. 2011. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan Jasmani,” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8 (1): 2, https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

Published
2019-06-20
How to Cite
Listiana, Heni. 2019. “RELASI ANAK, MEDIA SOSIAL, DAN PEMBENTUKAN KARAKTER: Studi Kasus Madrasah Ibtidaiah Dan Sekolah Dasar Di Surabaya Dan Gresik”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 6 (1). Pamekasan, Indonesia, 80-97. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2212.
Section
Articles