RELASI TAHFÎDZ AL-QUR’ÂN DENGAN PRESTASI BELAJAR: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Huda, Gorontalo

  • Muh Arif Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Najamuddin Petta Solong IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nur Gamar IAIN Sultan Amai Gorontalo
Abstract views: 376 , PDF downloads: 199

Abstract

This article aims to reveal the urgency of memorizing al-Qur’an (tahfîdz al-qur’ân) at Al-Huda Islamic Boarding School, Gorontalo. Tahfîdz al-qur’ân program is the interaction between santri and al-Qur’an, and it is also the valuable religious experience, thus it is considered as their learning achievement. This study focuses on tahfîdz al-qur’ân program at Al-Huda Islamic Boarding School, Gorontalo, which is a minimum of five juz for five semesters.  Therefore, it is closely related to the santris’ academic and non-academic achievements in this boarding school. This study used educational and psycological approach by qualitative-descriptive method. The result shows that the santri have various ability to memorize al-Qur’an, from one to six juz, eventhough in the same ways. In addition, tahfîdz al-qur’ân program has closely relation to santris’ academic and non-academic achievements. Thus, the better their memorization of al-Qur’an, the better their academic and non-academic achievements.

[Artikel ini mengungkap tentang urgensi hafalan al-Qur’an (tahfîdz al-qur’ân) di Pondok Pesantren Al-Huda, Gorontalo. Program tahfîdz al-qur’ân merupakan interaksi santri dengan al-Qur’an dan pengalaman beragama yang berharga, sehingga dianggap terkait dengan capaian prestasi belajarnya. Penelitian ini fokus pada program tahfîdz al-qur’ân yang merupakan program Pondok Pesantren Al-Huda, Gorontalo, yakni minimal lima juz selama lima semester, sehingga terkait erat dengan prestasi akademik dan non-akademik santri di pondok ini. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan edukasi dan psikologi dengan metode kualitatif-deskriptif. Penelitian ini mengungkap bahwa kemampuan santri dalam menghafal al-Qur’an selama berada di pondok beragam, yakni satu sampai dengan enam juz, kendati mereka menghafal dengan cara yang sama. Selain itu, relasi program tahfîdz al-qur’ân dengan prestasi santri tidak saja pada aspek akademik, tetapi juga pada aspek non-akademik, sehingga semakin baik hafalan al-Qur’annya, semakin baik pula prestasi akademik dan non-akademik yang diraih oleh santri]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muh Arif, Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Sultan Amai Gorontalo
Pendidikan Agama Islam
Najamuddin Petta Solong, IAIN Sultan Amai Gorontalo
Pendidikan Agama Islam
Nur Gamar, IAIN Sultan Amai Gorontalo
Pendidikan Agama Islam

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anisyah, Yuli dan Siswanto. 2018. Revitalisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0.” Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5 (2), http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v5i2.2076

Arobi, Muhammad. 2019. “Rumah-rumah Tahfidz di Kota Banjarmasin: Profil, Program, dan Metode Pengajaran al-Qur’an.” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (1), http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.2666.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Lutfiah, Fifi. 2011. “Hubungan antara Hafalan al-Qur’an dengan Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits Siswa MTs Asy-Syukriyyah Cipondoh Tangerang.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kemusyrifan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih. 2006. Perkembangan Santri. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dokumen:

Jadwal Tahfiz Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo.

Jadwal Kegiatan Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo

Daftar Hafalan al-Qur’an Santri

Daftar Penilaian Santri Tahfidz

Wawancara:

Anis Domili, Kepala MTs Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018.

Sofyan Lamalundu, Penanggung Jawab Program Tahfidz Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018.

Ahmad Kholid, Musyrif Tahfidz/Musyrif Kelas VIII MTs. Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018, 24 Agustus 2018, dan 14 September 2018.

Sofyan Lamalundu, Penanggung Jawab Program Tahfidz Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018 dan 7 September 2018.

Syahrul Ibrahim, Santri Kelas XII Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018.

Saleh al-Jufi, Sekretaris Harian Pondok Pesantren Al-Huda Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 3 Agustus 2018.

Giovani, Santri Kelas X MA. Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 10 Agustus 2018.

Burhanuddin, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo, Wawancara, tanggal 31 Agustus 2018.

Published
2019-12-10
How to Cite
Arif, Muh, Najamuddin Petta Solong, and Nur Gamar. 2019. “RELASI TAHFÎDZ AL-QUR’ÂN DENGAN PRESTASI BELAJAR: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Huda, Gorontalo”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 6 (2). Pamekasan, Indonesia, 137-52. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i2.2673.
Section
Articles