PENDIDIKAN BERPARADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG
Abstract views: 229
,
PDF downloads: 201
Abstract
Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Pendidikan berarti tidak sekedar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of value dan berorientasi dunia akhirat (teosentris dan antroposentris). Sehingga secara garis besar tujuan pendidikan dalam Islam adalah sama dengan tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu memikul amanah Allah Swt. di muka bumi dalam rangka ibadah kepada Allah Swt. Oleh karena itu kurikulum hendaknya mencakup materi yang berkaitan dengan pengembangan aspek fitrah peserta didik yang meliputi aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa, baik secara individu maupun kolektif yang dilakukan secara seimbang
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2014-01-05
How to Cite
Arifudin, Mohammad. 2014. “PENDIDIKAN BERPARADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PEMIKIRAN HASAN LANGGULUNG”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 1 (1). Pamekasan, Indonesia. https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i1.559.
Issue
Section
Articles