PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM

  • M. Hanafi
Abstract views: 3577 , PDF downloads: 2763

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam adalah suatu proses kegiatan penyusunan, pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan kurikulum pendidikan agama Islam. Ada empat asas dalam pengembangan kurikulum yaitu asas filosofis, sosiologis, organisatoris dan psikologis. Selain itu, terdapat empat pendekatan dalam pengembangan kurikulum di antaranya, yaitu pendekatan subjek akademik, pendekatan humanistic, pendekatan teknologi, dan pendekatan rekonstruksi social. Untuk mening-katkan mutu PTAI, maka kurikulum yang diterapkan perlu terus dikembangkan dengan memperhatikan asas-asas pengembangan kurikulum di atas. Pengembangan kurikulum PTAI harus berbasis kompetensi, agar lulusannya memiliki kompetensi handal sesuai bidang garapannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-11-13
How to Cite
Hanafi, M. 2014. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 1 (2). Pamekasan, Indonesia. https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i2.572.
Section
Articles