MODEL PEMBENTUKAN KECERDASAN MORAL SPIRITUAL SISWA SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN

  • Saiful Hadi
Abstract views: 480 , PDF downloads: 236
Keywords: model, kecerdasan, moral spiritual.

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan kebijakan pengembangan kecerdasan moral spiritual di SMP Plus Nurul Hikmah, proses pem-bentukan kecerdasan moral spiritual, dan keberhasilan pembentu-kan kecerdasan moral spiritual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, diketahui bahwa kebijakan pengem-bangan kecerdasan moral spiritual dilakukan dengan menyiapkan kebijakan kurikulum integratif (antara kurikulum nasional, muatan lokal, dan kurikulum kelembagaan). Proses pembentukan kecer-dasan moral spiritual dilakukan aktifitas keagamaan yang sangat ketat dan padat agar terjadi penguatan pengetahuan dan pengalaman keagamaan pada anak didik. Keberhasilan pembentukan kecerdasan moral spiritual siswa terlihat dari rendahnya pelanggaran disiplin, perilaku keagamaan yang kuat, dan terwujudnya budaya akhlak karimah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Rifki. ―Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar‖. Pedagogia Vo. 1 No, 1 Desember 2011.

al-Nawawi, Abu Zakariya Yahya bin Syaraf. Tarjamah Riyadhussh Sholihin Jilid I. Jakarta: Pustaka Amani, 1999.

Arifin, Imron. ―Kompetensi Kepribadaian Kepala Sekolah Berbasis Moral Spiritual dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter‖ Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Departemen Of Educational Administration Faculty of Education, 2012.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogjakarta: Kata Hati, 2010.

Bafadal, Ibrahim. ―Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif‖, dalam Masykuri Bakri, ed. Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Visi Press, 2002.

Daradjat, Zakiah. Peran Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.

Departemen Agama RI. Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Dirjend Binbaga Islam, 1999.

Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2009.

F. Patty et.al. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Fuaddudin & Cik Hasan Bisri. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Hakim, Rosniati. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al Qur’an. Jurnal Pendidikan Karaker, Tahun IV Nomor 2 Juni 2014.

Hidayat, Komaruddin. Psikologi Beragama: Menjadikan Hidup Lebih Ramah dan Santun. Jakarta: Hikmah PT. Mizan Publika, 2008.

Imron, Ali. Integrasi Karakter Positif dan Reduksi Karakter Negatif dalam Supervisi Pembelajaran, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Malang: FIP Jurusan Administrasi Pendidikan, 2014.

Islam, Ubes Nur. Mendidik Anak dalam Kandungan Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Izutsu, Toshihiko. Etika Beragama dalam AL Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993.

Jalaluddin. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengap-likasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Utama, 2012.

Jauhari, Muhammad Idris. Generasi Robbi Rodliya:Keluarga yang Mendapat Rohmah dan Barokah Allah Swt, (Prenduan Sumenep: Mutiara Press, 2010.

Khaliq, Hamid Abdul. Bimbinglah Anakmu Mengenal Allah SWT: Sebuah Catatan Untuk Ibu. Bandung: Huzaini, 1990.

Kurtines, William M., Yacob L. Gerwitz. Moralitas, Perilaku Moral dan Perkembangan Moral. Jakarta: UI Press, 1992.

Lickona, T. Educating for Character. New York: Bantam Books, 1991.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang Tua. Jakarta: Ar Ruz Media, 2011.

Mubarok, Zaim El. Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak Menyambung yang Terputus dan Menyatkan Yang Tercerai. Bandung: Alfabeta, 2008.

Muhaimin. Arah Baru Pengembangn Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa Cendekia, 2003.

Mulkhan, Abdul Munir. Nalar Spiritual Pendidikan:Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogjakarta: Tiara Wacana, 2002.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Musfah, Jejen. Pendidikan Holistik Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Prenada Media Group, 2012.

Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

O’dea, Thomas F. Sosiologi Agama: Suatu Pendekatan Awal. Yogjakarta: Yasogama dengan Kerjasama Raja Grafindo Persada, 1996.

Octavia, Lanny. et.al. Kumpulan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakata: Rumah Kitab, 2014.

Permendiknas Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah.

Prabowo, Sugeng Listyo. ―Pengembangan Budaya Mutu dengan Pendekatan Nilai-Nilai Agama‖ Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Departemen Of Educational Administration Faculty of Education, 2012.

Rachels, James. Filsafat Moral. Jogjakarta: Kanisius, 2004.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Raja Grafindo Utama, 2009.

Rusman. Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RaJa Grafindo Persada, 2014.

S. Soeitoe. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Depdikbud RI, 1972/1973.

Safaria, Triantoro. Spiritual Intellegence:Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak. Yogjakarta: Graha Ilmu, 2007.

Sanusi, M. Kedahsyatan Salat Bagi Kesehatan Manusia. JogJakarta: Diva Press, 2010.

Setiawan, Deni. ―Peran Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Ke-cerdasan Moral‖, Jurnal Pendidikan Karakter Tahun III No. I, Februari 2013.

Soetari, Endang. ―Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islam‖, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.08, No.01, 2014.

Sowiyah. Pengembangan Budaya Mutu Sekolah Berbasis Karakter dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership, Malang, Departemen Of Education and Administration Faculty of Education State University of Malang and ISMaPI Indonesia, 2012.

Sudikan, Setya Yuwana. Metode Penelitian Kebudayaan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press, 2001.

Sulistami, Ratna D dan Erlinda Manaf Mahdi. Universal Intelligence: Tonggak Kecerdasan Untuk Menciptakan Strategi dan Solusi Menghadapi Perbedaan. Jakarta: Gramedia Press Utama, 2006.

Supardi. ‖Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi‖. Jurnal Formatif: 2(2) ISSN 2088-351X.

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Undanga-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Zaini, Syahminan. Mengenal manusia Lewat Al Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu, 1984.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. Spiritual Capital: Memberdayakan SQ di Dunia Bisnis. Bandung, Mizan, 2006.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dan Betfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan Media Utama, 2000.

Published
2015-06-05
How to Cite
Hadi, Saiful. 2015. “MODEL PEMBENTUKAN KECERDASAN MORAL SPIRITUAL SISWA SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN”. Islamuna: Jurnal Studi Islam 2 (1). Pamekasan, Indonesia, 85-117. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.656.
Section
Articles