THE UTILIZATION OF IT IN SALAF ISLAMIC BOARDING SCHOOL EDUCATION SYSTEM AT 4.0 ERA (Case Study of Salaf Islamic Boarding School of Lirboyo and Al Falah Ploso)
Abstract
ABSTRAK
Perubahan adaptive dan responsive zaman era 4.0 pada pondok pesantren salaf diperlukan untuk menjaga kelestarian ponpes salaf dengan menyiapkan santri untuk mampu beradaptasi dan bersaing di kedepannya. Tulisan ini bertujuan untuk membuka sudut pandang dari para pengasuh, pewaris, santri pondok pesantren dan juga masyarakat atas perlunya pemanfaatan TI di ponpes salaf. Tulisan ini menggunakan pendekatan descriptive kualitatif dengan pendekatan studi naskah dan studi lapangan. Ditemukan bahwa Ponpes Lirboyo dan Ploso saat ini sudah adaptive dan responsif terhadap TI yakni dengan adanya bukti penggunaan medsos untuk memperkenalkan lembaga pendidikan Lirboyo dan Ploso, penggunaan media sosial untuk dakwah Islam, publikasi kegiatan belajar, kegiatan ikatan alumni dan kegiatan bisnis. Media sosial yang digunakan untuk dakwah agama Islam yakni Youtube, Facebook dan Instagram yakni berupa rekaman ceramah agama dari “Kyai”, “Ning” dan “Gus”. Namun demikian, penggunaan handphone santri Lirboyo maupun Ploso untuk semua jenjang masih terbatas pada pengurus untuk kebutuhan komunikasi, kecuali pondok pesantren Darussalam Lirboyo, segmen santri khusus pendidikan tinggi, telah memperbolehkan penggunaan HP dan Laptop pada jam-jam tertentu.
Downloads
References
References
infodiknas.com. “030 Pengembangan Soft Skill, Hard Skill Dan Life Skill Peserta Didik Dalam Menghadapi Era Globalisasi.” Accessed January 18, 2023. https://www.infodiknas.com/030-pengembangan-soft-skill-hard-skill-dan-life-skill-peserta-didik-dalam-menghadapi-era-globalisasi.html.
Republika Online. “30 Pesantren di Jatim Jadi Pilot Project Program OPOP,” August 23, 2019. https://republika.co.id/share/pwo6aj383.
Amin, Hj Muliaty. “INFORMATION TECHNOLOGY (IT) DAN URGENSINYA SEBAGAI MEDIA DAKWAH ERA KONTEMPORER.” Jurnal Dakwah Tabligh 14, no. 2 (2013): 183–92. https://doi.org/10.24252/jdt.v14i2.326.
Barizi, Ahmad. Pendidikan Integratif: Akar Tradisi Dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2011. http://repository.uin-malang.ac.id/1229/.
Budiman, Haris. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (December 12, 2017): 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
“Di Kediri, Ridwan Kamil Kunjungi Santri Asal Jabar Hingga Balapan Sepeda | Merdeka.Com.” Accessed January 18, 2023. https://www.merdeka.com/peristiwa/di-kediri-ridwan-kamil-kunjungi-santri-asal-jabar-hingga-balapan-sepeda.html.
Fitriana, Evi, and Muhamad Khoiri Ridlwan. “NGAJI ONLINE: Transformasi Ngaji Kitab Di Media Sosial.” ASANKA : Journal of Social Science and Education 2, no. 2 (September 30, 2021): 203–20. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3238.
Gumilar, Gumgum. “Pemanfaatan Internet Oleh SantriPesantren Modern ( Islamic Bo Arding School ).” JIPSI - Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM Vol.04 (September 28, 2015). http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/pemanfaatan-internet-oleh.33.
Humaidi, Anis. “Bargaining Pesantren Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Nasional 2 (December 19, 2019): 255–68.
———. “Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren Dari Pesantren Salaf Ke Terpadu: Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo.” Didaktika Religia 1, no. 1 (June 23, 2013). https://doi.org/10.30762/didaktika.v1i1.115.
Husaini, M. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN (E-education).” MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika 2, no. 1 (March 29, 2017). https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314.
Jamaluddin, Muhammad. “METAMORFOSIS PESANTREN DI ERA GLOBALISASI.” Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, July 10, 2012, 127–39. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57.
Mahfud, Mahfud. “TRANSFORMASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HASAN JUFRI SANGKAPURA BAWEAN GRESIK.” Didaktika Religia 2 (January 24, 2013). https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.135.
Mastuhu. “Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren,” 1989. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/1007.
Muin, Abdul. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Pesantren.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, August 1, 2011. https://doi.org/10.32729/edukasi.v9i1.281.
Mulyawan, Lalu Haqqulyakin. “PENINGKATAN EKONOMI BERBASIS PESANTREN: Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Abidin Nahdlatul Wathan Lombok Timur.” MUSLIMPRENEUR : Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman 3, no. 1 (January 2, 2023): 38–50.
Munifah, Munifah. “Antara Tradisi Dan Modernitas: Metamorfosis Pesantren Di Era Digital.” Prosiding Nasional 2 (December 18, 2019): 1–24.
“Pemanfaatan Teknologi di Pesantren sebagai Lokomotif Pemberdayaan Masyarakat – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.” Accessed June 6, 2022. https://lppm.itb.ac.id/id/pemanfaatan-teknologi-di-pesantren-sebagai-lokomotif-pemberdayaan-masyarakat/.
Rahman, Arif. “Dinamika Tradisi Pendidikan Salaf Pesantren Lirboyo Kediri Di Tengah Arus Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 48–60. https://www.ejournal.iaidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/232.
Royani, Ahmad. “Eksistensi Pendidikan Pesantren dalam Arus Perubahan.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 16, no. 2 (November 22, 2018): 375–92. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.1242.
Shiddiq, Ahmad. “Tradisi Akademik Pesantren: Perubahan Sistem Manajemen Dari Tradisional Ke Modern.” FIKROTUNA 4, no. 2 (2016). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2748.
Syam, Nur. Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Sosiologi Transendental, 2019.
“UU No. 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren [JDIH BPK RI].” Accessed June 2, 2022. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/122743/uu-no-18-tahun-2019.
Interview:
Hilda, interview, Sunday, 19 June 2022, at 14.10 at Darussalam Lirboyo Islamic Boarding School
Muhammad, interview, Monday, 6 Juni 2022 at Ploso Islamic Boarding School
Titah Ulfiandari, interview, Tuesday, 08 June 2022 at 13.35 at Mts Lirboyo Kediri.
Zimam, interview, Sunday, 19 June 2022 at 15.14 at Queen Al Falah Ploso Islamic Boarding School.