KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 OMBEN SAMPANG DAN SMPN 2 PAMEKASAN
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan kebijakan sekolah pengembangan mutu PAI, khususnya di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi studi kasus, diketahui bahwa pertama; Proses perumusan kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI di SMPN 1 Omben Sampang menggunakan pedekatan school based sedangkan di SMPN 2 Pamekasan menggunakan pendekatan home based, Kedua; implementasi kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI baik di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan sama-sama berjalan efektif, bedanya di SMPN 1 Omben dilaksanakan di luar jam efektif sedangkan di SMPN 2 Pamekasan dilaksanakan di luar dan di dalam jam efektif, ketiga; evaluasi kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI di dua sekolah tersebut sama-sama dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan untuk menjamin mutu PAI.
Downloads
References
Abu Dāud, Sunān Ᾱb̄ī Dāud “Tahqīq Izzat Ubaid al-Da’as dan Adila al-Said”, juz 1. Beirut : Dar Ibn Hazam, 1998.
Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 1997.
Ali Imron, Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Budi Suhardiman, Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Lexy J. Moleong, Metodeologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2014.
Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.
Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1987.
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Nana Syaodih Sukmadinata, dkk., Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah; Konsep, Prinsip dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama, 2006.
Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta :PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.
Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 1990.
Prim Masrokan Mutohar, Managemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Riant Nugroho, Public Policy; Diamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijajkan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia, 2012.
Rohiat, Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung: Refika Aditama, 2012.
S. Nasution, Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.